5 Pondasi Penting Kemajuan Desa
Terbaru

5 Pondasi Penting Kemajuan Desa

Seperti meningkatkan kualitas kepemimpinan desa terutama kepala dan perangkat desa, hingga keuangan desa.

Ady Thea DA
Bacaan 3 Menit
Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Yanuar Prihatin, dan Anggota Komisi V Sadarestuwati. Foto: Istimewa
Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Yanuar Prihatin, dan Anggota Komisi V Sadarestuwati. Foto: Istimewa

Wacana revisi UU No.6 Tahun 2014 tentang Desa disuarakan berbagai pihak mulai dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar, anggota parlemen dan kepala daerah serta perangkat desa. Bahkan ratusan kepala desa menggelar demonstrasi di depan gedung DPR/MPR menuntut perubahan masa jabatan dari 6 menjadi 9 tahun dalam satu periode.

Wakil Ketua Komisi II DPR, Yanuar Prihatin, menekankan masa depan desa di Indonesia harus diperhatikan secara serius. Setidaknya ada 5 pondasi penting kemajuan desa. Pertama, kepemimpinan, yang dimulai dari kepala dan perangkat desa, lembaga desa dan badan permusyawaratan desa.

“Kalau kepemimpinan desa lemah maka sumber daya sehebat apa pun yang dimiliki desa itu tidak akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat,” ujarnya dalam diskusi bertema ‘Menimbang Urgensi Revisi UU Desa’, Kamis (02/02/2023) pekan lalu.

Baca juga:

Kedua, sumber daya lokal yang ada di desa. Yanuar mengatakan setiap desa memiliki sumber daya lokal yang berbeda. Sumber daya lokal itu penting untuk dimanfaatkan mendorong kemajuan desa. Perlu intervensi pemerintah pusat untuk mendorong perangkat desa memahami potensi dan kemampuan yang ada di desanya.

Ketiga, manajemen pemerintahan dan pembangunan desa. Manajemen pemerintahan itu meliputi cara, teknik, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa. Manajemen pemerintahan ini merupakan indikator untuk melihat kemajuan desa. Begitu juga laporan pertanggungjawaban kepala desa secara tertulis. Tidak sedikit yang mengumumkan pertanggungjawaban itu secara tidak rinci.

Pengumuman laporan pertanggungjawaban kepala desa itu menurut Yanuar, berdampak terhadap tingkat kepercayaan warga kepada kepala dan perangkat desa. Persoalan kepercayaan masyarakat ini terkait dengan manajemen pemerintahan dan pembangunan di wilayah tersebut.

Tags:

Berita Terkait