Adeleine: Mengembangkan Diri dengan Merangkul Tantangan
Hukumonline NeXGen Lawyers 2024

Adeleine: Mengembangkan Diri dengan Merangkul Tantangan

Kompleksitas dokumentasi dan keterlibatan berbagai pihak, ditambah perbedaan zona waktu menjadi tantangan tak terhindarkan seorang pengacara aviasi. Adeleine berharap dapat terus meningkatkan keterampilannya dalam bidang hukum dan turut mengembangkan industri penerbangan di Indonesia.

Tim Hukumonline
Bacaan 4 Menit
Senior Associate Mochtar Karuwin Komar, Adeleine. Foto: Istimewa
Senior Associate Mochtar Karuwin Komar, Adeleine. Foto: Istimewa

Adeleine, seorang corporate lawyer yang telah berpraktik lebih dari 12 tahun, berpandangan bahwa seorang lawyer profesional harus dapat berdamai dengan tantangan yang dinamis sebagai batu pijakan dalam pengembangan diri. 

Baginya, komitmen dan rasa tanggung jawab merupakan kunci penting dalam menghadapi setiap tantangan dan berperan sebagai katalis dalam proses optimalisasi pengembangan diri. Mindset ini konsisten diterapkannya dalam seluruh tahapan perjalanan hidupnya.  

Sebelum memulai kariernya, Adeleine menempuh studi hukum di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (FH Unpad) pada tahun 2008-2012. Semasa studinya Adeleine terlibat aktif di berbagai organisasi dan kegiatan kemahasiswaan, termasuk kompetisi peradilan semu (moot court competition). 

Pada masa kuliah inilah Adeleine mulai menghadapi berbagai tantangan yang membentuknya menjadi pribadinya sekarang. Dia mulai menyadari pentingnya komitmen dan rasa tanggung jawab dalam setiap aspek kehidupan, khususnya dalam berkarier. 

Adeleine menyelesaikan studinya di FH Unpad sebagai salah satu lulusan terbaik dengan predikat cum laude. Kemudian dia memulai kariernya dengan bergabung sebagai associate di firma hukum Mochtar Karuwin Komar (MKK). 

Pada awal kariernya di MKK, Adeleine sudah terlibat di berbagai practice group, di antaranya general corporate, investment, capital market, dan aviation. Selain itu, Adeleine juga dilibatkan dalam bidang litigasi, menangani sengketa perpajakan di tingkat Mahkamah Agung. 

Pada tahun ketiganya di MKK, Adeleine berkonsentrasi pada bidang aviasi dan menjadi anggota inti untuk practice group aviation. Dia pernah terlibat aktif dalam berbagai transaksi yang berkaitan dengan bisnis aviasi, meliputi penjualan, penyewaan, pembiayaan, restrukturisasi, dan penguasaan kembali pesawat. 

Tags:

Berita Terkait