Marissa Sanjaya: Meningkatkan Keunggulan Konsultan Hukum di Tengah Perkembangan dan Perubahan Regulasi
Hukumonline NeXGen Lawyers 2024

Marissa Sanjaya: Meningkatkan Keunggulan Konsultan Hukum di Tengah Perkembangan dan Perubahan Regulasi

Menurut Marissa, penting bagi konsultan hukum menguasai suatu bidang tertentu yang menjadi keunggulannya. Agar dapat merumuskan argumentasi hukum yang relevan, pemahaman mengenai industri klien beserta informasi yang terkait berbagai regulasi yang berlaku juga harus dimiliki.

Tim Hukumonline
Bacaan 3 Menit
Associate Wiriadinata & Saleh, Marissa Sanjaya. Foto: Istimewa
Associate Wiriadinata & Saleh, Marissa Sanjaya. Foto: Istimewa

Perkembangan pola hidup dan interaksi dalam kehidupan sosial manusia berkembang begitu pesat, terutama setelah pandemi Covid-19. Perkembangan cara berkomunikasi dan kehidupan manusia berubah drastis dan dunia digital serta teknologi sudah mulai banyak mengambil peran di dalamnya, termasuk dalam bidang hukum.

Menurut Marissa Sanjaya, Associate di Wiriadinata & Saleh, hukum adalah bidang yang dinamis, kompleks, dan akan terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Perkembangan hukum saat ini hampir dapat dikatakan sangat sulit untuk mengikuti dan mengatur mengenai perkembangan kehidupan manusia. Terlebih lagi di Indonesia, yang merupakan negara dengan sistem hukum civil law.

Dalam sistem hukum civil law, untuk membuat hukum yang mempunyai kekuatan mengikat, diperlukan peraturan berbentuk undang-undang yang tersusun sistematis di dalam kodifikasi atau kompilasi tertentu. Tentunya hal ini memerlukan proses yang cukup memakan waktu, karena harus sesuai dengan kaidah yang berlaku, serta tahapan birokrasi dari berbagai unsur. 

Situasi yang demikian menuntut seorang konsultan hukum untuk dapat selalu bersikap dan berpikir ke depan mengikuti perkembangan zaman. Dengan terus mengikuti perubahan-perubahan hukum yang ada. Para konsultan hukum dituntut untuk terus mengasah kemampuannya dalam menganalisis hukum dengan menyesuaikan kondisi yang ada. 

Mereka juga harus mengoptimalkan kemampuan atau kecakapan hukumnya. Selain itu, seorang konsultan hukum juga perlu menguasai suatu bidang hukum tertentu agar dapat lebih unggul, sehingga mampu memberikan advis hukum yang efektif dan relevan dengan kebutuhan klien. 

Marissa berpandangan bahwa penguasaan prinsip-prinsip dasar hukum memang menjadi modal utama bagi seorang konsultan hukum. Namun dalam praktiknya hal ini saja belum cukup dalam memberikan advis hukum yang diperlukan klien. 

Perkembangan yang ada dan kondisi-kondisi lainnya, sedikit banyak mempengaruhi dan menuntut hukum untuk terus diperbarui. Hal ini membuat seorang konsultan hukum harus terus menggali kemampuan dan pengetahuannya baik di bidang hukum maupun non-hukum.

Tags:

Berita Terkait