Saksi Pernah Disuruh Mengirimkan Email ke M Iqbal
Berita

Saksi Pernah Disuruh Mengirimkan Email ke M Iqbal

Perintah mengirimkan email datang dari Billy Sundoro. Isinya diduga untuk mempengaruhi putusan KPPU.

M-1
Bacaan 2 Menit
Saksi Pernah Disuruh Mengirimkan Email ke M Iqbal
Hukumonline

 

Tidak hanya menjelaskan mengenai email, Benedict juga menguatkan kesaksian Gentar Rahma Pradhana yang terungkap di persidangan sebelumnya (7/1). Saat itu,  Gentar mengatakan mengantar Billy menuju Hotel Arya Duta pada 16 September 2008. Ia mengaku membawa tas berwarna hitam berisi uang sebesar Rp 500 juta. Uang tersebut diduga untuk menyuap M.Iqbal berkaitan dengan perkara dugaan monopoli siaran liga inggris oleh PT.Direct Vision yang sedang ditanganinya.

 

Selain Benedict, penuntut umum juga menghadirkan Nelia Concapcion Molato, Chief Executive Officer PT. Direct Vision. Ia mengatakan kapasitas Billy adalah sebagai orang yang bertanggungjawab terhadap saham dari Lippo yang ada di PT. Direct Vision. Meski demikian, Billy tidak ada dalam struktur organisasi PT. Direct Vision, Hanya sebagai wakil Lippo, dan saya selalu lapor kepada pak Billy. bos saya pak Billy ujar Nelia.

 

Nelia mengaku pernah beberapa kali bertemu dengan Billy di Hotel Arya Duta. Pertemuan pertamanya terjadi pada pertengahan 2007. Pertemuan lainnya di tahun 2008.

 

Dalam pertemuan keduanya tahun 2008, Billy dan Nelia membicarakan mengenai hubungan antara Astro dengan Lippo sekaligus membicarakan negosiasi tentang saham-saham. Billy juga sempat menanyakan perkembangan kasus KPPU kepada Nelia pada pertemuan itu.

 

Persidangan berikutnya akan digelar pada (16/1) dengan masih mengagendakan keterangan saksi.

Sidang lanjutan Billy Sindoro, terdakwa kasus suap sebesar Rp 500 juta yang melibatkan salah satu komisioner KPPU M. Iqbal kembali digelar di Pengadilan Tipikor, Jakarta (12/1). Persidangan yang diketuai hakim Moefri ini mengagendakan mendengar keterangan saksi.

 

Salah satu saksi yang hadir adalah Benedict Sulaiman. Ia adalah Manajer IT di Lippo e-net. Di persidangan, Benedict mengaku pernah beberapa kali bertemu Iqbal. Pertemuannya dengan Iqbal terjadi karena ia menemani Billy.

 

Selain bertatap muka secara langsung, 'perjumpaan' Benedict dengan Billy juga terjadi di ruang maya. Atas perintah Billy, Benedict mengirimkan electronic mail (email) ke Iqbal.

 

Keterangan Benedict ihwal email ini memang bukan fakta yang baru terungkap di persidangan. Penyidik malah sudah memasukkan email ini sebagai salah satu bukti di dalam BAP. Draf dan konsep dari terdakwa (Billy, red) dan langsung saya email kepada pak Iqbal untuk kepentingan para pelanggan, industri, dan publik.

 

Dalam BAP disebutkan isi dari email tersebut, Untuk kepentingan para pelanggan, industri, dan publik, Astro Group Malaysia harus mempertahankan kegiatan operasional penyelenggaraan penyiaran televisi berlangganan bermerek Astro pada PT. Direct Vision dan mempertahankan usaha PT. Direct Vision, tindakan-tindakan secara langsung yang bermaksud menghentikan (dan/atau mengalihkan ke perusahaan semua jasa penyediaan perangkat-perangkat siaran, satelit, dekoder, parabola, merek dagang Astro, content/chanels termasuk namun terbatas pada semua fasilitas pendukung lainnya, yang selama ini disediakan seluruhnya oleh Astro Group Malaysia kepada PT. Direct Vision) sampai dicapainya penyelesaian antara Astro Group Malaysia dengan pemegang saham PT. Direct Vision, atau sampai adanya keputusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap.

Tags: