Kejaksaan Agung Ambil Alih Kasus Dugaan Korupsi Indosat
Utama

Kejaksaan Agung Ambil Alih Kasus Dugaan Korupsi Indosat

Sebab locus delictinya tidak hanya di Jawa Barat.

Oleh:
Novrieza Rahmi
Bacaan 2 Menit
Kejaksaan Agung ambil alih kasus dugaan korupsi yang dilakukan PT Indosat dan PT Indosat Mega Media (IM2). Foto: SGP
Kejaksaan Agung ambil alih kasus dugaan korupsi yang dilakukan PT Indosat dan PT Indosat Mega Media (IM2). Foto: SGP

Kejaksaan Agung mengambil alih kasus dugaan korupsi yang dilakukan PT Indosat Tbk dan PT Indosat Mega Media (IM2) yang dilaporkan LSM Konsumen Telekomunikasi Indonesia ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat.
 

Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Andhi Nirwanto menyatakan pengambilalihan penyelidikan tersebut karena locus delicti alias lokasi terjadinya dugaan tindak pidana tidak hanya di Jawa Barat. Ia membantah pengambilalihan itu karena kerugian negara ditaksir mencapai Rp3 triliun.
 

“Bukan, kalau nanti hanya level (Kejaksaan Tinggi) Jawa Barat, maka wilayah hukumnya hanya Jawa Barat. Kalau kami (Kejagung) nanti kan lebih luas,” katanya, Jumat (13/1).
 

Andhi melanjutkan, kasus ini masih dalam tahap penyelidikan. Baru minggu depan hasil penyelidikan akan diekspos, sehingga kini kasus itu belum dinaikan statusnya ke penyidikan.
 

Untuk diketahui, dalam siaran persnya, LSM Konsumen Telekomunikasi Indonesia melaporkan dugaan penyalahgunaan ini ke Kejati Jawa Barat pada 6 Oktober 2011 lalu.
 

Kasus ini berawal pada 24 November 2006 dimana Indosat dan IM2 diduga telah melakukan tindak pidana korupsi dengan menyalahgunakan jaringan bergerak seluler pita frekuensi radio 2,1 Ghz/3G.
 

Caranya, dengan menjual internet broadband yang menggunakan jaringan bergerak seluler frekuensi 2,1 Ghz/3G milik Indosat yang diakui sebagai produk IM2 sebagaimana tertuang dalam perjanjian kerja sama, yang mana tertulis pada kemasan internet IM2 3G broadband. Hal ini dapat dilihat pada waktu pengaktifan broadband yang dijual oleh IM2 kepada masyarakat. Sebab, broadband itu memiliki Access Point Name (APN) sendiri, yaitu Indosat.net.
 

Tags: