Tips Jaga Kualitas Pendidikan Ala Dekan FH Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Law School Stories

Tips Jaga Kualitas Pendidikan Ala Dekan FH Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Salah satunya, FH UAJY terus berkomitmen meningkatkan kualitas dengan mengakomodir peningkatan kapasitas dosen melalui pendidikan di dalam dan luar negeri.

Mochamad Januar Rizki
Bacaan 2 Menit
Tips Jaga Kualitas Pendidikan Ala Dekan FH Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Hukumonline

Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FH UAJY) telah lama dikenal sebagai lembaga pendidikan tinggi dengan kualitas cemerlang yang mampu menghasilkan lulusan berkompeten. FH UAJY berupaya menghasilkan lulusan tidak hanya mahir dalam penguasaan ilmu hukum, tetapi juga mampu memecahkan masalah masyarakat dengan nilai-nilai unggul, humanis, inklusif, dan integratif.

”Keunikan FH UAJY dibandingkan dengan kampus lain dapat ditemukan dalam profil lulusannya yakni tidak hanya menghasilkan lulusan yang mampu menguasai ilmu hukum dan menerapkan hukum dalam mengatasi persoalan masyarakat. Tapi, juga menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan dalam tataran konsep, teori ilmu hukum dan praktik yang memiliki nilai-nilai unggul, humanis, inklusif dan integratif dalam pelayanan dalam terang kebenaran," ungkap Dekan FH UAJY Prof Theresia Anita Christiani saat berbincang dengan Hukumonline, Jum’at (23/2/2023) lalu.  

Selengkapnya, simak hasil wawancara Hukumonline dengan Dekan FH UAJY Prof Theresia Anita Christiani melalui tautan video berikut ini!

Ia menyampaikan tujuan tersebut menjadi dasar sekaligus karakter penyelenggaraan pendidikan tinggi di kampus ini. Alhasil, upaya yang telah dilakukan FH UAJY tersebut menghasilkan sejumlah prestasi para mahasiswa dan tenaga pendidik tingkat nasional bahkan internasional. ”Prestasi yang dimiliki FH UAJY dapat dilihat dari banyaknya prestasi mahasiswa dalam bidang penalaran, minat dan bakat, dan prestasi tenaga pendidik di bidang tri dharma mulai dari ranah regional, nasional, bahkan internasional,” ungkapnya.

Untuk mendukung FH UAJY untuk terus menjaga kualitas pendidikannya, kampus memiliki amunisi tenaga pendidik berkualitas sejumlah 49 dosen dengan rincian 23 dosen bergelar doktor dan 2 guru besar. Para dosen juga memiliki peran mengarahkan mahasiswa menjadi profil lulusan yang diharapkan melalui program peminatan yang tersedia.  

Untuk program kekhususan S1 Ilmu Hukum terdiri atas 6 peminatan/konsentrasi hukum ekonomi dan bisnis; sistem peradilan; hukum pertanahan; lingkungan hidup dan hukum adat; hukum kenegaraan dan pemerintahan; serta hukum hubungan internasional. Sedangkan program S2 magister hukum memiliki 4 konsentrasi yaitu hukum bisnis, hukum pengelolaan sumber daya alam, hukum ketatanegaraan, dan litigasi/penegakan hukum. FH UAJY juga tengah menargetkan pembukaan program studi S3 pada tahun ini.

Anita menjelaskan dari aspek mata kuliah dan jumlah SKS (sistem kredit semester) yang ditetapkan untuk ditempuh mahasiswa menunjukan keseimbangan supaya lulusan yang dihasilkan mempunyai kemampuan praktis dan konseptual sesuai jenjang kerangka kualifikasi nasional Indonesia (KKNI).

Tidak kalah penting, FH UAJY juga terus berkomitmen meningkatkan kualitas dengan mengakomodir peningkatan kapasitas dosen melalui pendidikan di dalam dan luar negeri. Kemudian, kampus ini juga ditunjang ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi bagi para sivitas akademika.

FH UAJY juga berupaya memperoleh akreditasi unggul yang sudah diperoleh (program S-1 Ilmu Hukum) dengan memenuhi sembilan kriteria agar memenuhi nilai optimal. Kriteria tersebut yaitu Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi; Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerjasama; Mahasiswa; Sumber Daya Manusia; Keuangan, Sarana, dan Prasarana Pendidikan; Penelitian; Pengabdian kepada Masyarakat, dan Luaran dan Capaian Tri Dharma. ”FH UAJY memiliki tim penjaminan mutu untuk memenuhi kesembilan kriteria tersebut.”

Tags:

Berita Terkait