Perlu Kolaborasi Pengusaha dan Pemerintah dalam Mewujudkan Green Economy
Terbaru

Perlu Kolaborasi Pengusaha dan Pemerintah dalam Mewujudkan Green Economy

Perlu upaya kolaboratif dengan mengintegrasikan prinsip keberlanjutan dan manajemen risiko yang bisa menciptakan ekonomi hijau dan berkelanjutan.

Willa Wahyuni
Bacaan 3 Menit
Narasumber Hukumonline Executive Roundtable Dinner, Rabu (19/6/2024). Foto: WIL
Narasumber Hukumonline Executive Roundtable Dinner, Rabu (19/6/2024). Foto: WIL

Risiko kerusakan lingkungan akibat kegiatan bisnis menjadi fokus perhatian banyak pihak saat ini. Hasilnya adalah muncul konsep green economy atau ekonomi hijau agar pertumbuhan ekonomi tetap ramah lingkungan.

Hal ini merupakan suatu gagasan ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesetaraan sosial masyarakat sekaligus mengurangi risiko kerusakan lingkungan.

Saat ini green economy bertujuan meningkatkan kesetaraan sosial tanpa mengesampingkan aspek perlindungan lingkungan. Meski begitu, hal ini tentu tidak terlepas dari tantangan dan risiko.

Baca juga:

“Sejak 2015 KLHK mulai membudayakan manajemen risiko untuk diterapkan di lingkup pemerintahan,” ujar Hamdan Syukri Batubara Kepala Bagian RIHP Inspektorat Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam kegiatan Hukumonline Executive Roundtable Dinner, Rabu (19/6/2024).

Hukumonline.com

Hamdan Syukri Batubara, Kepala Bagian RIHP Inspektorat Jenderal KLHK dalam kegiatan Hukumonline Executive Roundtable Dinner, Rabu (19/6/2024). Foto: RES

Terdapat struktur pengelolaan dan pengendalian risiko di KLHK yaitu menjangkau wilayah strategis, analisis risiko strategis dan berkualitas, implementasi kebijakan mitigasi risiko berjalan dengan efektif, skenario pendanaan mitigasi risiko yang memadai, lalu evaluasi dan perbaikan yang berkelanjutan.

Tags:

Berita Terkait