Gubernur Diminta Permudah Penangguhan Upah Minimum
Berita

Gubernur Diminta Permudah Penangguhan Upah Minimum

Tertuang dalam surat edaran dari Kemenakertrans.

ANT
Bacaan 2 Menit
Gubernur Diminta Permudah Penangguhan Upah Minimum
Hukumonline

Pengusaha Sandiaga Uno mengatakan penangguhan penerapan upah minimum yang diajukan oleh pengusaha industri padat karya seperti tekstil, alas kaki, dan mainan akibat kenaikan upah minimum 2013 memang dibutuhkan.

"Saya rasa penangguhan ini memang diperlukan oleh sektor usaha yang menyerap tenaga kerja seperti tekstil, alas kaki, dan mainan karena mereka memang daya saingnya belum mengalami perbaikan dan banyak sekali tantangan yang dihadapi oleh sektor tersebut," kata Sandi di Jakarta, Rabu (19/12).

Namun menurut Sandi, kendati penangguhan UMP tersebut dibutuhkan, para pengusaha juga harus mampu meningkatkan daya saingnya.

"Kuncinya adalah peningkatan daya saing dan daya saing akan didapatkan kalau produktivitas dari tenaga kerja itu meningkat," ujarnya.

Sandi mengatakan peningkatan daya saing dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan untuk meningkatkan penyerapan aplikasi teknologi.

Selain itu, lanjutnya, daya saing akan meningkat jika permasalahan yang selama ini menghantui seperti buruknya birokrasi dan permasalahan keamanan bisa diatasi.

"Saya rasa yang ditunggu oleh dunia usaha adalah bagaimana caranya ada semacam kepastian dari kelangsungan usaha itu sendiri.

Tags: