AKPI Buka Lomba Karya Ilmiah Terbuka untuk Anggota AKPI dan Umum
Terbaru

AKPI Buka Lomba Karya Ilmiah Terbuka untuk Anggota AKPI dan Umum

Lomba karya tulis ilmiah terbuka untuk masyarakat umum baik praktisi, pemerhati, akademisi, maupun mahasiswa lulusan ilmu hukum maupun lulusan akuntansi yang memiliki perhatian pada hukum kepailitan.

Willa Wahyuni
Bacaan 2 Menit
AKPI Buka Lomba Karya Ilmiah Terbuka untuk Anggota AKPI dan Umum
Hukumonline

Dalam menyambut Hari Ulang Tahun Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI) ke-25, AKPI mengadakan sejumlah rangkaian kegiatan yang dilaksanakan mulai dari 22 Juli hingga 25 Agustus 2023 mendatang. Rangkaian kegiatan tersebut meliputi turnamen olahraga badminton, mini soccer, golf, biliar, lomba video lagu daerah/kebangsaan, lomba karya tulis ilmiah, dan rapat anggota tahunan sekaligus malam puncak perayaan ulang tahun AKPI.

Salah satu kegiatan yang selalu ada pada perayaan ulang tahun AKPI dari tahun ke tahun adalah lomba karya tulis ilmiah. Pada tahun ini, AKPI menyelenggarakan lomba karya tulis ilmiah dengan tema Urgensi Pembaharuan UU No. 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang dalam Mempercepat Iklim Investasi dan Kepastian Hukum.

“Lomba karya ilmiah ini dapat diikuti oleh anggota AKPI dan non anggota AKPI,” ujar Jamaslin James Purba selaku Ketua Dewan Penasehat AKPI saat dihubungi Hukumonline, Sabtu (5/8).

Baca juga:

Lomba karya tulis ilmiah terbuka untuk masyarakat umum baik praktisi, pemerhati, akademisi, maupun mahasiswa lulusan ilmu hukum maupun lulusan akuntansi yang memiliki perhatian pada hukum kepailitan. Untuk timeline kegiatan ini sudah dimulai pada 26 Juli yang lalu dan pengumpulan berkas paling lambat diterima pada tanggal 27 Agustus 2023. Kemudian, pengumuman pemenang akan diumumkan pada 18 September 2023.

Tidak akan ada sekat yang membedakan karena seluruh penjurian akan dipastikan berjalan adil dan suportif. Baik bagi anggota AKPI maupun non AKPI yang mengikuti perlombaan ini akan dinilai secara sama. Pada tahun ini, para pemenang baik dari kategori anggota AKPI maupun non AKPI akan memperebutkan juara I uang tunai sebesar Rp20 juta, juara II uang tunai sebesar Rp15 juta, dan juara III uang tunai sebesar Rp10 juta.

Agenda Rapat Tahunan AKPI

Dalam menjajaki usia ke-25 tahun, James berharap AKPI dapat menjadi contoh dan panutan setidaknya bagi organisasi profesi sejenis. “Harapan kita AKPI semakin maju dan tentunya ditambah semakin solid serta bisa menjadi contoh dan panutan paling tidak bagi organisasi profesi sejenis,” kata dia.

Tidak lupa dia mengimbau anggota AKPI untuk terus konsisten secara profesional dalam menjalankan pekerjaanya sehingga dapat menjadi parameter profesi di penegakan hukum kepailitan. “Umur ke-25 tahun dari segi usia sudah matang ya, saya berharap anggota AKPI makin solid, kompak, dan profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai kurator untuk bisa menjadi parameter di dunia penegakan hukum kepailitan,” katanya.

Kemudian, selain kegiatan perlombaan akan ada acara puncak yang selalu menjadi agenda rutin tahunan AKPI, yaitu menyelenggarakan rapat tahunan yang akan membahas Laporan Pertanggungjawaban Pengurus dan Laporan Dewan Kehormatan Profesi.

“Karena setiap tahun ada rapat tahunan, nanti di tanggal 28 akan ada acara internal AKPI. Selain membahas laporan pengurus di rapat tahunan, kita akan bahas juga hal-hal update atau hal-hal yang perlu diberi sikap oleh organisasi,” pungkasnya.

Tags:

Berita Terkait