Pandangan Noodtoestand dalam Kecelakaan Lalu Lintas

Pandangan Noodtoestand dalam Kecelakaan Lalu Lintas

Dalam sebuah kecelakaan lalu lintas unsur noodtoestand lebih kepada unsur alam di mana pelaku dianggap melakukan perbuatan karena keadaan memaksa yang disebabkan oleh alam.
Pandangan Noodtoestand dalam Kecelakaan Lalu Lintas
Ilustrasi: Shutterstock

Musim liburan seperti saat Idul Fitri beberapa waktu lalu dan cuti bersama yang tertera dalam kalender Masehi dimanfaatkan masyarakat untuk berpergian baik menggunakan angkutan umum seperti bus, kereta api, pesawat terbang maupun dengan kendaraan pribadi. Namun dalam sebuah perjalanan ternyata tidak semua berjalan mulus, ada kendala-kendala yang terjadi termasuk kecelakaan lalu lintas yang bahkan merenggut nyawa.

Salah satu yang menjadi perhatian baru-baru ini yaitu bus study tour yang berkali-kali mengalami kecelakaan lalu lintas. Misalnya Pada Sabtu (11/5/2024) lalu, terjadi kecelakaan bus rombongan siswa SMK Lingga Kencana Depok di Ciater, Subang, Jawa Barat, Namun, belum sebulan terjadi, kecelakaan bus study tour kembali terulang. Terhitung sudah empat kali kecelakaan serupa terjadi selama Mei 2024.

Selain kecelakaan bus rombongan siswa SMK Lingga Kencana tergelincir yang memakan belasan korban jiwa, ada juga kecelakaan bus pariwisata berisi rombongan pelajar dan guru SMP 1 Wonosari Malang di Jalur Tol Jombang-Mojokerto, Jawa Timur, pada Selasa (21/5/2024).

Sehari berselang, bus rombongan siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Pesisir Barat Lampung juga mengalami kecelakaan di Jalan Lintas Barat ruas Tanggamus pada Rabu (22/5/2024). Terbaru, ada kecelakaan bus membawa rombongan pelajar SD Negeri 1 Harisan Jaya, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, pada Jumat (24/5/2024).

Khusus terkait dengan kecelakaan yang terjadi di Subang, supir bus pariwisata Putera Fajar, Sadira, menceritakan kondisi kendaraannya sebelum kecelakaan di Ciater, Subang, Sabtu (11/5) malam yang memakan korban jiwa 11 orang, 10 di antaranya pelajar SMK Lingga Kencana Depok.

Masuk ke akun Anda atau berlangganan untuk mengakses Premium Stories
Premium Stories Professional

Segera masuk ke akun Anda atau berlangganan sekarang untuk Dapatkan Akses Tak Terbatas Premium Stories Hukumonline! Referensi Praktis Profesional Hukum

Premium Stories Professional