KlinikBerita
New
Hukumonline Stream
Data PribadiJurnal
Personalisasi
Halo,
Anda,

Segera Upgrade paket berlangganan Anda.
Dapatkan fitur lebih lengkap
Profil
Ada pertanyaan? Hubungi Kami
Bahasa
id-flag
en-flag

Penyelesaian Sengketa Ekonomi Syariah Jika yang Berperkara Non-Muslim

Share
Bisnis

Penyelesaian Sengketa Ekonomi Syariah Jika yang Berperkara Non-Muslim

Penyelesaian Sengketa Ekonomi Syariah Jika yang Berperkara Non-Muslim
Drs. Agus Triyanta, MA.,M.H.,Ph.DPSHI Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia

Bacaan 10 Menit

Article Klinik

PERTANYAAN

Bagaimana penyelesaian sengketa ekonomi syariah bila yang berperkara adalah non-muslim?

Daftar Isi

    INTISARI JAWABAN

    Perbankan Syariah di Indonesia menganut sistem yang terbuka dan inklusif, dalam arti siapa saja dapat terlibat dalam industri keuangan syariah secara umum, atau khususnya perbankan syariah.

    Siapa pun tanpa memandang latar belakang agama dalam penyelesaian sengketa ekonomi syariah harus diterima dalam pengadilan agama. Ini disebut dengan konsep penundukan diri seseorang dalam sistem hukum tertentu sebagaimana diterangkan dalam Penjelasan Pasal 49 Undang-Undang Nomor 3 tahun 2006 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama.

    Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.

    ULASAN LENGKAP

    Terima kasih atas pertanyaan Anda.

    Ā 

    KLINIK TERKAIT

    Sistem Perbankan Syariah

    Sejak awal, perbankan syariah di Indonesia menganut sistem yang terbuka dan inklusif. Adapun Undang-Undang Nomor 21 tahun 2008 tentang Perbankan Syariah (ā€œUU 21/2008ā€) lebih menitikberatkan pada sistem perbankannya, yaitu perbankan syariah, dan juga berlaku dalam wilayah ekonomi syariah yang berjalan di atas prinsip-prinsip syariah.

    Belajar Hukum Secara Online dari Pengajar Berkompeten Dengan Biaya TerjangkauMulai DariRp. 149.000

    Definisi Bank Syariah tercantum di Pasal 1 angka 7 UU 21/2008 yang berbunyi:

    Bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan Prinsip Syariah dan menurut jenisnya terdiri atas Bank Umum Syariah dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah.

    Dengan begitu, subjek atau para pihak, baik sebagai nasabah, investor, atau pihak terafiliasi, tidak ditentukan secara khusus harus memeluk agama Islam. Misalnya syarat pendirian dan kepemilikan bank syariah, tidak disebutkan syarat harus memeluk agama Islam.[1]

    Bahkan di negara-negara sekuler, sebagian investor dan nasabah adalah non-muslim. Sebab meskipun bank syariah dibangun oleh para pionir dari kalangan intelektual dan ekonom muslim, namun minat ke arah industri keuangan atau ekonomi syariah juga tidak dapat dilepaskan sebagai alternatif dari sistem ekonomi dan keuangan. Ringkasnya, pihak non-muslim terbuka peluang untuk terlibat dalam industri ekonomi syariah ini.

    Ā 

    Akad Ekonomi Syariah oleh Nasabah Non-Muslim

    Sebagai konsekuensi dari sifat inklusif, siapa saja berpeluang terlibat dalam industri keuangan syariah secara umum, atau khususnya perbankan syariah. Sehingga, perlakuan yang sama diberikan kepada semua nasabah, tidak ada pembedaan atas dasar agama yang dianutnya, dan pembedaan lainnya.

    Oleh karenanya, akad-akad yang digunakan pada perbankan syariah adalah akad yang secara umum diterapkan kepada seluruh nasabah, termasuk nasabah non-muslim.

    Meski demikian, ada beberapa hal yang membedakan antara nasabah non-muslim dengan nasabah muslim, seperti tata cara pelaksanaan dari akad dan pembiayaan. Namun prosedur yang dilaksanakan tetap menghormati kebebasan bergama dan berkeyakinan, misalnya pengucapan salam, basmalah, dan ikrar akad yang boleh jadi melibatkan hal-hal yang sifatnya agamawi.

    Namun secara umum tidak ada pembedaan dalam sebuah akad. Sebab akad syariah adalah akad yang memang dirancang untuk dapat dilakukan oleh siapa pun, sebagaimana asal muasal akad tersebut merupakan akad yang hidup dalam masyarakat, sehingga siapa saja melakukannya.[2]

    Ā 

    Penyelesaian Sengketa Ekonomi Syariah

    Sebelum menjawab pertanyaan Anda, Pasal 49 Undang-Undang Nomor 3 tahun 2006 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama (ā€œUU 3/2006ā€), disebutkan:

    Pengadilan agama bertugas dan berwenang memeriksa, memutus, dan menyelesaikan perkara di tingkat pertama antara orang-orang yang beragama Islam di bidang:

    1. perkawinan;
    2. waris;
    3. wasiat;
    4. hibah;
    5. wakaf;
    6. zakat;
    7. infaq;
    8. shadaqah; dan
    9. ekonomi syari'ah.

    Lebih lanjut, mengenai tata cara penyelesaian perkara ekonomi syariah merujuk pada Peraturan Mahkamah Agung Nomor 14 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penyelesaian Perkara Ekonomi Syariah.

    Sebagaimana telah dijelaskan di atas tentang sifat inklusif, siapa saja dapat bertransaksi sebagai pihak yang berkepentingan, utamanya adalah sebagai nasabah. Sehingga pihak selain yang beragama Islam, jika terlibat dalam sengketa ekonomi syariah harus diterima oleh Pengadilan Agama.

    Ini disebut dengan konsep penundukan diri seseorang dalam sistem hukum tertentu, seperti yang ditegaskan dalam bunyi Penjelasan Pasal 49Ā  UU 3/2006, yaitu:

    Yang dimaksud dengan "antara orang-orang yang beragama Islamā€ adalah termasuk orang atau badan hukum yang dengan sendirinya menundukkan diri dengan sukarela kepada hukum Islam mengenai hal-hal yang menjadi kewenangan Peradilan Agama.

    Jadi, siapa pun tidak memandang dari latar belakang agama, atas dasar asas penundukan diri tersebut, harus diterima dalam pengadilan agama. Sebab penyelesaian sengketa ekonomi syariah berada dalam kompetensi absolut pengadilan agama.

    Seluruh informasi hukum yang ada di Klinik hukumonline.com disiapkan semata ā€“ mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum (lihat Pernyataan Penyangkalan selengkapnya). Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan Konsultan Mitra Justika.

    Ā 

    Demikian jawaban dari kami, semoga bermanfaat.

    Ā 

    DASAR HUKUM

    Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama
    Undang-Undang Nomor 3 tahun 2006 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama
    Undang-Undang Nomor 50 Tahun 2009 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 Tentang Peradilan Agama
    Undang-Undang Nomor 21 tahun 2008 tentang Perbankan Syariah
    Peraturan Mahkamah Agung Nomor 14 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penyelesaian Perkara Ekonomi Syariah

    Ā 

    REFERENSI

    Abdullah Alwi Haji Hassan. Sales and Contracts in Early Islamic Commercial Law.Ā  Islamabad: Islamic Research Institute, International Islamic University, 1994.


    [1] Pasal 9 UU 21/2008

    [2] Pada awalnya akad mudharabah dan musyarakah adalah perjanjian yang sudah hidup dan berkembang dalam masyarakat sebelum datangnya Islam. Karena itu akad atau perjanjian ini adalah juga perjanjian yang umum dipakai dan hidup dalam masyarakat lintas agama. Abdullah Alwi Haji Hassan. Sales and Contracts in Early Islamic Commercial Law. Islamabad: Islamic Research Institute, International Islamic University, 1994, hlm 86.

    TAGS

    Punya masalah hukum yang sedang dihadapi?

    atauMulai dari Rp 30.000
    Powered byempty result

    KLINIK TERBARU

    Lihat Semua

    TIPS HUKUM

    Lihat Semua
    logo channelbox

    Dapatkan info berbagai lowongan kerja hukum terbaru di Indonesia!

    Kunjungi

    Butuh lebih banyak artikel?

    Pantau Kewajiban Hukum
    Perusahaan Anda