Soal Kenaikan BBM, BI Siapkan Bauran Kebijakan
Berita

Soal Kenaikan BBM, BI Siapkan Bauran Kebijakan

Mulai dari makro prudensial, bunga dan likuiditas, BI rate hingga fasilitas simpanan BI.

FAT
Bacaan 2 Menit
Soal Kenaikan BBM, BI Siapkan Bauran Kebijakan
Hukumonline

Bank Indonesia (BI) menunggu keputusan pemerintah mengenai kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. Jika pemerintah jadi menaikkan harga BBM, BI akan meresponnya dengan berbagai macam bauran kebijakan.

"BI siap merespon pada waktunya dengan bauran kebijakan," ujar Gubernur BI Agus Martowadojo di Kantor BI,” Jumat (7/6).

Menurut Agus, respon dengan bauran kebijakan dilakukan jika memang diperlukan. Ia percaya kenaikan harga BBM dapat mempengaruhi inflasi di Indonesia. Sejumlah bauran kebijakan yang dimaksud meliputi, makro prudensial, bunga dan likuiditas, BI rate, hingga Fasilitas Simpanan BI (Fasbi).

"Kalau penyesuaian BBM dilakukan, tentu hal itu akan merupakan satu kondisi yang baik sekali bagi moneter maupun fiskal," tutur Agus Marto.

Atas dasar itu pula, BI akan mengawal terus proses pembahasan RAPBN-P 2013 antara pemerintah dengan DPR. "Secara umum, perhatian kami yang tinggi adalah pembahasan RAPBN-P 2013. Jadi soal pasar, kami akan terus waspadai. Yang paling tinggi untuk kami waspadai adalah terkait dengan pembahasan RAPBN-P dan inflasi," kata Agus Marto.

Meski penentuan kenaikan harga BBM kewenangan penuh pemerintah, BI berharap terdapatnya koordinasi antara pemerintah, DPR dan bank sentral. Alasannya, kenaikan harga BBM melahirkan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) sehingga mempengaruhi kebijakan fiskal yang ada.

"BI juga melihat kalau terjadi perubahan harga BBM itu akan berdampak pada inflasi dan juga masyarakat yang miskin yang sesaat mesti mendapat perhatian, jadi itu yang mesti kita ikuti sama-sama," tutur Agus Marto.

Tags: