Perludem Minta Publik Terus Awasi Proses Penghitungan Suara
Terbaru

Perludem Minta Publik Terus Awasi Proses Penghitungan Suara

Masyarakat bisa pantau penghitungan real count Pemilu 2024 pada laman resmi milik KPU.

Willa Wahyuni
Bacaan 3 Menit
Direktur Eksekutif Perludem, Khoirunnisa Nur Agustyati.  Foto: Istimewa
Direktur Eksekutif Perludem, Khoirunnisa Nur Agustyati. Foto: Istimewa

Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) mengajak publik untuk mengawal terus jalannya proses rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024 setelah masa hari pencoblosan pada 14 Februari 2024. Direktur Eksekutif Perludem, Khoirunnisa Nur Agustyati, mengatakan hasil perolehan suara para kandidat melalui hitung cepat maupun exit poll, hingga yang ada di aplikasi Sirekap itu bukan merupakan hasil resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hasil resmi adalah proses rekapitulasi penghitungan suara secara berjenjang.

"Walaupun ketiganya bisa memberikan gambaran hasil pemilu, tapi itu belum hasil resmi. Hasil resminya tetap menunggu dari KPU," kata Khoirunnisa dikutip dari Antara, Kamis (15/2).

Dia mengatakan masyarakat bisa turut berpartisipasi mengawal proses rekapitulasi suara dengan cara turut memfoto hasil input data digital dan mengunduh data C1 di laman resmi KPU. Dengan begitu, publik pun bisa ikut mengontrol jalannya proses tersebut. Menurutnya, hasil dari proses rekapitulasi penghitungan suara secara berjenjang oleh KPU maksimal diumumkan dalam waktu 35 hari setelah proses pencoblosan. Setelah diumumkan, bakal ada kesempatan tiga hari bagi kandidat peserta Pemilu 2024 yang ingin mengajukan gugatan sengketa ke Mahkamah Konstitusi.

Baca Juga:

Walaupun begitu, masyarakat saat ini tetap bisa mengajukan atau melaporkan temuan kecurangan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Sehingga laporan dugaan kecurangan itu bisa ditindaklanjuti oleh penyelenggara pemilu. "Di sana setiap pihak yang bersengketa bisa memaparkan temuan kecurangan yang terjadi," kata dia.

Adapun sejauh ini pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul berdasarkan total surat suara yang sudah masuk ke penghitungan atau real count KPU RI mencapai 41,01 persen.

Meski begitu hasil real count Pemilu 2024 belum dikeluarkan oleh KPU karena penghitungan dari seluruh TPS masih berlangsung. Proses rekapitulasi penghitungan suara dan penetapan hasil pemilu dilakukan secara berjenjang dalam rapat pleno terbuka oleh KPU. Untuk memantau hasilnya, masyarakat dapat mengakses situs resmi KPU di https://pemilu2024.kpu.go.id/pilpres/hitung-suara.

Tags:

Berita Terkait