Nasdem Siap Berikan Bantuan Hukum Jika Diminta
Berita

Nasdem Siap Berikan Bantuan Hukum Jika Diminta

Patrice Rio Capella sendiri telah menunjuk Maqdir Ismail sebagai kuasa hukumnya.

CR19
Bacaan 2 Menit
Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh (baju putih) saat memberikan keterangan pers di Jakarta, Kamis (15/10). Foto: CR19
Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh (baju putih) saat memberikan keterangan pers di Jakarta, Kamis (15/10). Foto: CR19

Ketua Umum (Ketum) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh mengatakan, pihaknya siap memberikan bantuan hukum jika diminta mantan Sekretaris Jenderal Partai Nasdem, Patrice Rio Capella. Namun, sampai saat ini, Partai Nasdem belum menerima permohonan atau permintaan bantuan hukum dari Patrice.

 “Belum mendapatkan permohonan dari Bung Rio. Tentu harus kami pertimbangkan kalau memang itu dimintakan,” katanya saat jumpa pers di kantor DPP Nasdem, di Jakarta, Kamis (15/10).

Lebih lanjut, kata Paloh, apapun yang menjadi pilihan Patrice, pihaknya akan menghargai pilihan mantan kader terbaiknya itu. Sebab, ia juga telah mengetahui bahwa Patrice telah menunjuk kuasa hukumnya sendiri, yaitu Maqdir Ismail untuk mendampinginya nanti selama proses hukum berjalan.

“Tapi tadi saya melihat Bung Rio sendiri telah memiliki pengacaranya untuk mendampingi. Menurut saya, Bung Rio mengambil tanggung jawab itu dan ini amat sangat kami hargai,” sambungnya.

Sebagai informasi, KPK menetapkan Patrice sebagai tersangka karena diduga terlibat dalam penanganan kasus dana bantuan sosial (bansos), tunggakan dana bagi hasil, dan penyertaan modal pada sejumlah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Penetapan Patrice sebagai tersangka merupakan pengembangan dari kasus yang menjerat Gubernur Sumatera Utara nonaktif Gatot Pudjo Nugroho dan istrinya, Evy Susanti. Patrice disangkakan melanggar ketentuan Pasal 12 huruf a dan b atau Pasa 11 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Sementara itu, pada kesempatan sebelumnya Patrice menyatakan mundur dari keanggotaannya sebagai kader Partai Nasdem. Bahkan, Patrice juga menyatakan bahwa dia juga mengundurkan dari jabatannya sebagai anggota DPR RI. Patrice mengatakan, keputusannya itu telah dibicarakan dengan Surya Paloh sebagai ketua umum.

Tags:

Berita Terkait