Mantan Ketua Muda MA Bidang Pidana M. Yahya Harahap Tutup Usia
Utama

Mantan Ketua Muda MA Bidang Pidana M. Yahya Harahap Tutup Usia

Sepanjang hidupnya, ia telah banyak menerbitkan berbagai buku hasil buah pikirnya. Seperti Pembahasan Permasalahan dan Penerapan KUHAP, Hukum Acara Perdata, dan lain-lain.

Ferinda K Fachri
Bacaan 2 Menit
Mendiang Mantan Ketua Muda Bidang Pidana MA M. Yahya Harahap semasa hidup. Foto: Dokumen Humas MA
Mendiang Mantan Ketua Muda Bidang Pidana MA M. Yahya Harahap semasa hidup. Foto: Dokumen Humas MA

Kabar duka datang dari keluarga besar Mahkamah Agung (MA) RI pagi ini. Tepat pukul 3.30 WIB, Senin (22/1/2024) dini hari tadi, Mantan Hakim Agung yang juga merupakan Ketua Muda MA Bidang Pidana, M. Yahya Harahap menghembuskan nafas terakhirnya dalam usia 89 tahun. 

“Iya, betul. Rencana dimakamkan di TPU Tanah Kusir setelah sholat Ashar karena masih menunggu kedatangan anak-anak beliau dari Medan,” ujar Kepala Biro Hukum dan Humas MA, Sobandi dalam keterangan resmi yang diperoleh Hukumonline, Senin (22/1/2024).

Nama M. Yahya Harahap sudah tidak asing didengar civitas akademika Fakultas Hukum maupun para praktisi. Pasalnya, telah banyak karya buah pikirnya yang diterbitkan menjadi buku pedoman bagi banyak orang yang menggeluti dunia hukum Indonesia dalam bidang hukum pidana ataupun perdata.

Sebut saja diantaranya seperti buku berjudul Pembahasan Permasalahan dan Penerapan KUHAP, Hukum Acara Perdata, Hukum Perseroan Terbatas, Ruang Lingkup Permasalahan Eksekusi Bidang Perdata, dan Kekuasaan Pengadilan Tinggi dan Proses Pemeriksaan Perkara Perdata dalam Tingkat Banding.

“YM Bapak H. M. Yahya Harahap adalah sosok Hakim Agung yang produktif dalam berkarya. Buku-buku beliau sangat bermanfaat dan menjadi acuan bagi para praktisi, baik Hakim, Jaksa, Polisi, dan Advokat. Buku-buku karya beliau tersebut merupakan ladang amal beliau dalam dunia penegakan Hukum di Indonesia,” ungkap Juru Bicara MA Suharto dalam kesempatan terpisah.

Pria kelahiran 18 Desember 1934 ini, berdasarkan data yang diperoleh dari Sobandi, diketahui menuntaskan pendidikan Sarjana Hukum di Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (FH USU) di tahun 1960. Ia kemudian melanjutkan studi S-2-nya hingga meraih gelar Magister Hukum di tahun 1963. 

Lahir di Sipirok, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, almarhum memulai kariernya sebagai Hakim sejak tahun 1961 silam. Sejak bergabung sebagai aparat penegak hukum membuatnya ditempatkan untuk bertugas pada berbagai satuan kerja pengadilan di berbagai daerah Indonesia.

Hingga akhirnya, mendiang Yahya Harahap diamanahkan menjadi Hakim Agung sejak tahun 1982. Almarhum diangkat sebagai Ketua Muda MA Bidang Urusan Lingkungan Peradilan Umum Bidang Hukum Pidana Umum menggantikan Adi Andojo. Setelah puluhan tahun mengabdi di lembaga peradilan tertinggi itu, Yahya Harahap purnabakti dari tugas kehakiman di tahun 2000 dalam usia 66 tahun.

Selamat jalan, Yang Mulia, M. Yahya Harahap…

Tags:

Berita Terkait