Kiat Sukses Mengelola Kantor Notaris
Terbaru

Kiat Sukses Mengelola Kantor Notaris

Dalam mengelola kantor notaris diperlukan perpaduan keahlian di bidang hukum, keterampilan manajerial, dan kemampuan interpersonal.

MR 42
Bacaan 3 Menit
Seminar Online 100 Pembicara Alumni Notariat Universitas Indonesia, Selasa (3/9), menghadirkan Notaris dan PPAT Neilly Iralita Iswari. Foto: Tangkapan layar YouTube
Seminar Online 100 Pembicara Alumni Notariat Universitas Indonesia, Selasa (3/9), menghadirkan Notaris dan PPAT Neilly Iralita Iswari. Foto: Tangkapan layar YouTube

Seorang notaris yang memimpin kantor notaris hampir sama kedudukannya dengan Chief Executive Officer (CEO) yang bertindak sebagai pemegang saham, direktur utama, dan pengelola sumber daya manusia. Meski memiliki beberapa karyawan, fungsi operasional kantor notaris serupa dengan usaha bisnis.

Dalam Seminar Online 100 Pembicara Alumni Notariat Universitas Indonesia, Selasa (3/9), Notaris dan PPAT Neilly Iralita Iswari mengatakan saat ini notaris banyak mendapati berbagai masalah, seperti jumlah kantor notaris yang terus meningkat, pergantian karyawan yang sering terjadi, kesalahan dalam pembuatan akta, dan pengelolaan keuangan yang kurang baik. Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, dia menyarankan agar para notaris mempelajari manajemen.

“Dalam suatu kantor notaris pada kenyataannya kita juga harus tahu sedikit mengenai bagaimana cara melakukan pemasaran dan penjualan, kemudian bagaimana kita melakukan pengawasan dan produksi, serta yang terakhir bagaimana sebetulnya kita harus mengelola keuangan dan SDM,” ujar Neilly.

Baca juga:

Menurut Neilly, terdapat fungsi-fungsi yang pada umumnya harus dimiliki oleh sebuah kantor notaris. Dasar manajemen ini menjadi panduan untuk mengelola kantor notaris. Fungsi pertama adalah marketing dan sales. Dalam hal ini, Neilly merujuk pada teori Marketing Mix 4P. Teori ini bermanfaat untuk membantu mengidentifikasi dan memahami kebutuhan pelanggan, serta memastikan kepuasan pelanggan sebagai tujuan utama dari penerapan teori tersebut.

“Dia merupakan konsep strategi pemasaran yang seringkali digunakan dalam setiap pelajaran tentang pemasaran,” kata Neilly.

Neilly melanjutkan dengan menjelaskan teori 4P dalam pengelolaan kantor notaris. Pertama, produk harus memenuhi kebutuhan pelanggan dengan kualitas yang baik. Kedua, pilih lokasi strategis sesuai kebutuhan produk. Ketiga, tetapkan harga yang tepat untuk keberlangsungan usaha. Keempat, lakukan promosi dengan memperhatikan waktu pelaksanaan, media yang digunakan, dan analisis pesaing.

Tags:

Berita Terkait