Kiat Memilih Topik Skripsi dari In House Counsel
Terbaru

Kiat Memilih Topik Skripsi dari In House Counsel

Seperti isu intellectual property, perjanjian yang melibatkan negara lain, merger and acquisition, mengenai peraturan perundang-undangan terbaru yang diterbitkan pemerintah. Buat mahasiswa mencari topik skripsi seharusnya yang lebih spesifik dan wawancara dengan para praktisi atau akademisi.

Ferinda K Fachri
Bacaan 3 Menit
General Counsel PT Paragon Technology and Innovation Yanne Sukmadewi. Foto: Istimewa
General Counsel PT Paragon Technology and Innovation Yanne Sukmadewi. Foto: Istimewa

Guna memperoleh gelar Sarjana Hukum, para mahasiswa Fakultas Hukum dituntut untuk dapat menyelesaikan tugas akhir, salah satunya berupa skripsi. Terdapat berbagai isu hukum yang apik untuk diangkat sebagai objek penelitian skripsi. Diantaranya ialah sejumlah isu yang kerap kali dijumpai oleh para praktisi hukum dalam lingkup perusahaan yakni seputar profesi In House Counsel.

“Tips untuk adik-adik mahasiswa yang sedang ingin menulis skripsinya, kalau buat kami in house counsel itu sangat menarik apabila yang dibahas itu isu-isu hukum terkini atau mungkin kasus terbaru yang terjadi di masyarakat. Dari situ bisa kita gali dasar hukumnya seperti apa sih? Antara teori dan penerapannya seperti apa,” ujar General Counsel PT Paragon Technology and Innovation Yanne Sukmadewi kepada Hukumonline, Rabu (3/8/2022).

Baca juga artikel terkait seputar mahasiswa hukum dan profesi, silakan klik artikel Klinik berikut ini: Aturan Potong Gaji Karyawan, Simak Bunyinya!

Pasalnya, terkadang isu yang tengah berkembang dengan dasar hukumnya bisa saja sebenarnya tidak selalu sejalan. Berkaitan dengan problema yang muncul ke permukaan dan hangat dibincangkan publik, menurutnya akan amat menarik untuk digali para mahasiswa hukum dan dituangkan dalam bentuk skripsi.

Baca Juga:

“Memperoleh gelar sarjana hukumnya seringkali bergantung linear dengan konsentrasi yang diambil, namun ketertarikan dari mahasiswa yang bersangkutan menjadi faktor penentu dalam memilih topik dalam penelitian,” kata Yanne.

Bagi para mahasiswa yang hendak melakukan penelitian terhadap isu hukum yang kerap dijumpai oleh kalangan in house counsel, Yanne berbagi beberapa rekomendasi topik yang menarik untuk diteliti mahasiswa akhir. Seperti mengenai trademark dan perlindungan hak cipta. Mengingat baru-baru ini masyarakat dihebohkan dengan masalah nama ‘Citayam Fashion Week’. Masalah yang satu ini akan asyik bila ditinjau dari perspektif hukum kekayaan intelektual atau dari hukum bisnis lainnya.

Tags:

Berita Terkait