Ketatnya Pengamanan Sidang di Washington State
Berita

Ketatnya Pengamanan Sidang di Washington State

Belajar dari pengalaman 15 tahun lalu, ketika seorang suami menembak mati istrinya di gedung pengadilan.

ALI
Bacaan 2 Menit
Ketatnya Pengamanan Sidang di Washington State
Hukumonline

Faktor keamanan dan kenyamanan merupakan salah satu hal yang penting untuk kelancaran persidangan di gedung pengadilan. Hakim, jaksa, dan pengacara tentu tak akan bisa berdebat dan memutus dengan baik bila faktor ini diabaikan. Pengadilan-pengadilan yang ada di Amerika Serikat memperhatikan hal ini dengan serius.

Ketatnya pengamanan bukan hanya dilakukan terhadap pengadilan-pengadilan besar, tetapi juga di pengadilan-pengadilan ‘kecil’. Salah satunya adalah ketika hukumonline berkunjung ke Superior Court Snohomish County, pengadilan yang berada di negara bagian Washington State.

Laiknya masuk ke area bandara, pemeriksaan terhadap pengunjung dilakukan secara ketat. Metal detector bukan sekadar pajangan. Setiap barang yang dibawa oleh pengunjung diperiksa secara ketat. Satu tim kepolisian lengkap dengan seragamnya menjaga setiap pintu masuk gedung pengadilan setiap harinya.

Janice Ellis, hakim di Superior Court Snohomish County, menjelaskan pengamanan ketat pengadilan di sekitar Washington State berawal dari kasus yang terjadi sekitar 15 tahun lalu. Kala itu, terjadi pembunuhan di gedung pengadilan di King County (daerah yang juga terletak di Washington State).

“Kami pernah punya kasus yang mengerikan sekitar 15 tahun lalu. Dalam kasus rumah tangga, seorang suami menembak mati istrinya di gedung pengadilan King County,” ungkapnya kepada hukumonline, beberapa waktu lalu.

Kasus ini mendorong pengadilan di negara bagian ini untuk berubah. Janice menjelaskan pengadilan, kala itu, sadar bahwa keamanan harus terus ditingkatkan. Beberapa pengadilan bahkan berada satu gedung dengan kantor kepolisian. “Kami semakin memperhatikan akses orang masuk ke ruang sidang,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan setiap pengadilan dijaga oleh satu tim petugas kepolisian. Bila ada yang mengganggu di persidangan, maka hakim akan dengan sigap menghubungi pihak kepolisian, dan polisi pun akan segera datang mengamankan persidangan.

Tags:

Berita Terkait