Jelang Pemilu 2024, Kominfo Ingatkan Masyarakat Hindari Misinformasi
Melek Pemilu 2024

Jelang Pemilu 2024, Kominfo Ingatkan Masyarakat Hindari Misinformasi

Masyarakat diminta selalu melakukan cek and ricek atau mencari kebenaran informasi yang diterima sebelum diteruskan melalui berbagai kanal. Hal itu, ditujukan agar menghindari penyebaran informasi yang keliru atau misinformasi.

Fitri Novia Heriani
Bacaan 2 Menit
Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi. Foto: Istimewa
Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi. Foto: Istimewa

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengimbau masyarakat khususnya pengguna platform pesan instan WhatsApp lebih bijak saat menerima dan meneruskan informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024.

"Saya ingin menyampaikan imbauan kepada para pengguna WhatsApp di seluruh penjuru tanah air. Saya mohon kepada saudara-saudaraku, bapak-bapak, ibu-ibu, dan semua pengguna WhatsApp tolong kendalikan jempolnya," kata Budi sebagaimana dikutip pada laman resmi Kominfo, Kamis (23/11).

Budi mengingatkan agar masyarakat selalu melakukan cek and ricek atau mencari kebenaran informasi yang diterima sebelum diteruskan melalui berbagai kanal. Hal itu, ditujukan agar menghindari penyebaran informasi yang keliru atau misinformasi. 

Baca Juga:

"Sebelum mempercayai dan forward pesan-pesan WA ke orang lain, cek dulu kebenaran informasinya. Jika pesan atau konten meragukan, tidak jelas sumbernya, provokatif dan manipulatif maka sebaiknya tidak usah ikut disebar," tegasnya. 

Lebih dari itu, Budi menyarankan agar masyarakat lebih baik menjadi agen yang meluruskan segala informasi sesat.

"Misalnya dengan mengirimkan stempel hoaks dari Kominfo atau lembaga pengecek fakta lainnya untuk mengcounter disinfomasi yang beredar. Karena kolaborasi multistakeholder adalah kunci perwujudan pemilu yang damai," tuturnya. 

Tags:

Berita Terkait