Ini Program Kerja Ketua BKS Dekan FH PTN se-Indonesia Terpilih
Terbaru

Ini Program Kerja Ketua BKS Dekan FH PTN se-Indonesia Terpilih

Meningkatkan kerja sama; mengembangkan kurikulum ilmu hukum yang terintegrasi; pengembangan sistem hukum nasional yang berwawasan Indonesia; mempersiapkan civitas akademika FH PTN Indonesia agar memiliki kemampuan akademik yang profesional, bermoral dan berdaya saing global.

Ferinda K Fachri
Bacaan 3 Menit
Prosesi serah terima jabatan Ketua Demisioner BKS Dekan FH PTN se-Indonesia Prof Farida Patittingi kepada Ketua BKS Dekan FH PTN terpilih, Edmon Makarim. Foto: Istimewa
Prosesi serah terima jabatan Ketua Demisioner BKS Dekan FH PTN se-Indonesia Prof Farida Patittingi kepada Ketua BKS Dekan FH PTN terpilih, Edmon Makarim. Foto: Istimewa

Badan Kerja Sama Dekan Fakultas Hukum Perguruan Tinggi Negeri (BKS Dekan FH PTN) se-Indonesia telah menggelar Rapat Nasional di Aston Sentul Lake and Resort Conference Center selama tiga hari pada 28-30 Maret 2022 lalu. BKS yang dihadiri Dekan, Wakil Dekan, dan Ketua Program Studi Hukum itu membahas serangkaian agenda.

Selain pembahasan mengenai pertanggungjawaban pengurus (Periode 2018-2020) dan pembahasan dukungan pembentukan Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) Pendidikan Tinggi Hukum, Rakernas itu turut menjadi ajang pemilihan dan penetapan Ketua BKS Dekan FH PTN se-Indonesia (Periode 2022-2024).

Sebelum proses pemilihan dan penetapan ketua yang baru, Ketua (Demisioner) BKS Dekan FH PTN se-Indonesia (Periode 2018-2020) yang juga Dekan FH Universitas Hasanudin Prof Farida Patittingi menyampaikan harapan saat proses pemilihan bisa berjalan dengan lancar.

“Kita berharap proses ini bisa dilakukan dengan musyawarah mufakat seperti yang telah lalu-lalu. Saya berharap kita bisa menyepakati satu (Dekan yang menjadi Ketua selanjutnya) untuk mewadahi seluruh teman-teman melanjutkan apa yang telah kita rintis bersama,” ujar Farida kepada kepada Hukumonline, Selasa (29/3/2022) kemarin.

Baca:

Ia menerangkan pemilihan Ketua BKS ini sempat tertunda selama dua tahun karena pandemi Covid-19. Di masa kepengurusannya, BKS telah menjadi badan hukum, sehingga memiliki legal standing yang kuat. Bersama para jajaran pengurus, ia sudah berupaya membadanhukumkan BKS dengan memperoleh keputusan dari Menteri Hukum dan HAM. Ia berharap Ketua yang baru nantinya dapat melanjutkan rintisan bersama BKS.

Akhirnya setelah melalui rangkaian pemilihan, ditetapkan Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH UI) Dr. Edmon Makarim sebagai Ketua Umum BKS Dekan FH PTN se-Indonesia yang baru. Atas terpilihnya mengemban amanah dan tanggung jawab jabatan ini, ia berkomitmen memajukan penyelenggaraan pendidikan tinggi hukum di Indonesia melalui BKS Dekan FH PTN se-Indonesia ini.

Tags:

Berita Terkait