INI Gelar Aksi Kemanusiaan Melalui Donor Darah
Pojok INI

INI Gelar Aksi Kemanusiaan Melalui Donor Darah

Seorang notaris yang diberikan kewenangan oleh pemerintah dalam hal keperdataan, tidak boleh mengesampingkan nilai kemanusiaan.

Tim Publikasi Hukumonline
Bacaan 4 Menit
Pengurus Pusat INI sebagai panitia penyelenggara aksi donor darah. Foto: Reza.
Pengurus Pusat INI sebagai panitia penyelenggara aksi donor darah. Foto: Reza.

Sebagai wujud kepedulian pada masyarakat, pada hari Sabtu (13/7) Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia (PP INI) bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lebak, Banten menggelar aksi donor darah di Gedung Sekretariat dan Pusdiklat INI. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian perayaan HUT INI ke-116 yang sebelumnya telah dimulai pada Senin (1/7).

 

Aksi kemanusiaan ini disambut antusias oleh para anggota INI. Setidaknya lebih dari 50 pendaftar dari berbagai daerah hadir dan ikut menyumbangkan darahnya dalam kegiatan ini. Ketua Pelaksana, Siti Anggraini Hapsari mengaku senang karena ada banyak notaris yang berpartisipasi. Bahkan, tidak sedikit dari mereka juga mengajak keluarga dan karyawannya untuk ikut serta mendonorkan darah.

 

Siti mengungkapkan, donor darah ini adalah kegiatan kemanusiaan yang sudah seharusnya dilakukan oleh semua pihak, termasuk INI. Sayangnya, kesadaran untuk mendonorkan darah di kalangan masyarakat, masih rendah. Penyebabnya beragam, mulai dari ketakutan, ketidaktahuan akan prosedur donor darah, hingga kurang banyaknya kegiatan donor darah yang diselenggarakan masyarakat umum, institusi, maupun instansi. Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan darah.

 

“Donor darah ini merupakan darma bakti kita sebagai masyarakat untuk menolong masyarakat lainnya yang membutuhkan. Ke depannya, semoga kegiatan donor darah dapat diselenggarakan secara periodik atau berkala, selama tiga atau enam bulan sekali,” ujar notaris asal Surabaya ini.   

 

Tak lupa, Siti mengucapkan terima kasih atas bantuan semua pihak sehingga kegiatan donor darah berjalan sangat lancar dan hampir tidak ada hambatan.

 

“Saya mengucapkan terima kasih kepada UTD PMI Kabupaten Lebak atas penunjukan dari PMI Pusat yang telah telah berkenan hadir untuk membantu pelaksanaan donor darah ini. Terima kasih tentunya kepada seluruh panitia pelaksana yang sudah bekerja keras dan selalu sigap untuk penyelenggaraan kegiatan ini. Terima kasih juga kepada Bapak dan Ibu anggota INI yang telah membantu pelaksanaan seperti potluck untuk sajian hari ini. Terkhusus untuk Pak Ketum yang selalu mendukung selama persiapan hingga pelaksanaan dan terima kasih telah mempercayakan saya sebagai ketua pelaksana,” kata Siti.

 

A group of people in a room

Description automatically generated

Sekretaris Umum PP INI, Agung Iriantoro bersama para peserta donor darah. Foto: Fian.

 

Sementara itu, Petugas dari UTD PMI Kabupaten Lebak, Adi Setiadi sangat mengapresiasi kegiatan donor darah yang dilaksanakan oleh PP INI. Apalagi, saat ini kondisi di Kabupaten Lebak sedang krisis persediaan darah. “Di Kabupaten Lebak saat ini hanya dapat memenuhi 60% dari kebutuhan 100% darah, sehingga saya dan kawan-kawan UTD PMI Kabupaten Lebak sering keliling mencari darah ke daerah lain sekitar Jakarta dan Tangerang,” terangnya.

Tags:

Berita Terkait