Ingin Sukses di Dunia Kerja? Sarjana Hukum Wajib Kuasai Dua Skills Ini
Terbaru

Ingin Sukses di Dunia Kerja? Sarjana Hukum Wajib Kuasai Dua Skills Ini

Dua skill dimaksud adalah soft skills dan hard skills. Soft skills adalah menguasai keterampilan melakukan analisa, memecahkan masalah, bernegosiasi, berkolaborasi, komunikasi dan promosi. Sementara hard skills adalah pengetahuan terkait undang-undang, peraturan pemerintah, pidana, perdata, dan kenotariatan.

Fitri Novia Heriani
Bacaan 2 Menit
Jaksa Kejati DIY Nurul F Damayanti saat sesi seminar dalam Law Career Day 2024 yang digelar Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FH UAJY), Sabtu (22/6/2024). Foto: Istimewa
Jaksa Kejati DIY Nurul F Damayanti saat sesi seminar dalam Law Career Day 2024 yang digelar Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FH UAJY), Sabtu (22/6/2024). Foto: Istimewa

Salah satu tujuan setiap mahasiswa yang menamatkan studinya di universitas adalah mendapatkan pekerjaan yang layak, termasuk sarjana hukum. Mereka akan berlomba-lomba untuk mencapai pekerjaan yang sudah diidamkan, entah itu mengemban profesi sebagai advokat, jaksa, hakim, notaris, ataupun profesi di bidang hukum lainnya.

Namun, untuk sampai pada tujuan tersebut tidaklah mudah. Menurut Jaksa Ahli Madya, Kejaksaan Tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta (Kejati DIY) Nurul F Damayanti, memasuki dunia kerja sarjana hukum tidak bisa hanya bermodalkan ijazah saja mengingat kian hari kompetisi semakin ketat.

Hukumonline.com

Jaksa Kejati DIY Nurul F Damayanti yang juga alumnus FH UAJY. 

Baca Juga:

Berdasarkan hasil penelitian di Harvard University Amerika Serikat, sarjana hukum wajib menguasai dua jenis skill (kemampuan) agar bisa sukses berkarier. Dua skills ini tidak hanya berlaku untuk para sarjana hukum, tetapi berlaku sarjana lain secara universal.

Pertama adalah soft skills. Soft skills yakni keterampilan yang dimiliki seseorang terkait kecerdasan emosional, kepribadian, dan kemampuan berinteraksi dengan orang lain. Soft skills dinilaimenjadi faktor kunci yang mempengaruhi kesuksesan seseorang sebesar 80 persen.

Soft skills itu mempengauhi kesuksesan sebesar 80 persen. Soft skills itu ada di dalam diri kita, misalnya kejujuran, kepedulian, dan itu harus diawali dari hal kecil. Karena soft skills ada di dalam diri kita, maka kita harus pandai me-manage-nya,” kata Nurul F Damayanti dalam seminar Law Career Day 2024 yang diselenggarakan Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FH UAJY), Sabtu (22/6/2024) kemarin.

Secara umum soft skills meliputi kreativitas, kemampuan dalam menyelesaikan masalah, peduli, kolaborasi dan kerja sama, kecakapan adaptasi, berpikir positif, terbuka akan kritikan, sanggup menghadapi tekanan, dan komunikasi yang efektif baik verbal maupun non verbal.

Tags:

Berita Terkait