Divisi Legal Berperan Penting dalam Menjamin Perusahaan "On The Track"
Terbaru

Divisi Legal Berperan Penting dalam Menjamin Perusahaan "On The Track"

Dalam perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, risiko utama yang perlu diantisipasi adalah dari aspek legal, sehingga aksi korporasi berjalan sesuai tata kelola yang baik dan benar.

Rofiq Hidayat/Fathan Qorib
Bacaan 3 Menit
Direktur Manajemen Risiko dan HSSE MIND ID, Nur Hidayat Udin saat membuka acara MIND ID Group Legal Consolidation 2024 di Bali, (07/08/2024). Foto: MIND ID
Direktur Manajemen Risiko dan HSSE MIND ID, Nur Hidayat Udin saat membuka acara MIND ID Group Legal Consolidation 2024 di Bali, (07/08/2024). Foto: MIND ID

Insan hukum atau orang-orang hukum yang berada di Divisi Legal sebuah perusahaan memiliki peran penting dalam menjamin aksi korporasi yang dilakukan sesuai tata kelola yang baik dan benar. Hal itu diutarakan oleh Direktur Manajemen Risiko dan HSSE MIND ID, Nur Hidayat Udin saat membuka acara MIND ID Group Legal Consolidation 2024 di Bali, (07/08/2024).

Menurut Nur Hidayat, insan-insan hukum di Divisi Legal wajib memberikan penilaiannya terhadap peraturan hingga kebijakan strategis yang diterbitkan oleh perusahaan. Penilaian tersebut bertujuan agar tercipta deteksi dini dan pencegahan terjadinya fraud di lingkungan perusahaan ke depannya.

Di sisi lain, komunikasi yang baik wajib terjalin antara Divisi Legal dengan divisi-divisi lain yang ada di perusahaan. “Keberhasilan Divisi Legal tidak hanya keberhasilan divisi legal sendiri tapi keberhasilan dari stakeholders lain. Sehingga performance MIND ID makin bagus dan mantap, serta kita semua selamat dan dapat bekerja dengan tenang serta nyaman,” ujar Nur Hidayat.

Hal senada juga diutarakan SVP Division Head of Corporate Legal MIND ID, Perdana Saputro. Menurutnya, acara MIND ID Legal Consolidation 2024 yang mengangkat tema “Peningkatan Pemahaman dan Kapabilitas dalam Deteksi & Pencegahan Dini Kroupsi di Lingkungan Grup MIND ID” itu diselenggarakan agar divisi hukum di anggota perusahaan grup MIND ID memiliki kemampuan dan pemahaman yang baik dalam mendeteksi serta mencegah terjadinya korupsi.

Hukumonline.com

SVP Division Head of Corporate Legal MIND ID, Perdana Saputro. Foto: MIND ID

Dalam acara yang digelar selama dua hari itu, MIND ID mengundang pembicara dari tiga matra penegak hukum yakni KPK, Kejaksaan dan Kepolisian. Ia berharap, seluruh peserta dapat memperoleh “wisdom” dari masing-masing pembicara mengenai penanganan penegakan hukum sehingga bisa dipelajari agar ke depan dapat diantisipasi secara sistematika di internal perusahaan masing-masing.

“Selain acara seminar, akan ada awarding night yang memberikan apresiasi kepada tim legal dari masing-masing anak perusahaan yang telah bekerja keras,” kata pria yang disapa Deno ini.

Kemudian, lanjut Deno, acara juga akan dilanjutkan dengan sharing session di mana menghadirkan dua pucuk pimpinan di dua anggota perusahaan grup MIND ID, yakni Dirut PT ANTAM Tbk Nico Kanter dan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas. Kedua sosok ini dipilih karena memiliki latar belakang pendidikan hukum hingga akhirnya bisa menjadi pucuk pimpinan di perusahaannya masing-masing. Rangkaian acara nantinya akan ditutup dengan Peduli Lingkungan melalui penanaman mangrove, pelepasan tukik penyu, serta kegiatan bersih pantai.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait