Dicari! Jaksa Agung Seberani Lopa, Sepintar Andi Hamzah
Berita

Dicari! Jaksa Agung Seberani Lopa, Sepintar Andi Hamzah

Kapuspenkum berharap jaksa agung berasal dari internal kejaksaan.

ANT
Bacaan 2 Menit
Gedung Kejaksaan. Foto: SGP
Gedung Kejaksaan. Foto: SGP

Komisi Kejaksaan Republik Indonesia (KKRI) mengharapkan jaksa agung mendatang harus seberani Baharuddin Lopa, setenang Basrief Arief dan sepintar Andi Hamzah.

“Mengingat keberadaan kejagung itu sebagai duta hukum dari presiden hingga setidaknya jaksa agung baru memenuhi kriteria itu,” kata Komisioner KKRI, Kaspudin Nor di Jakarta, Rabu (29/10).

Dirinya menyatakan jika di internal kejaksaan ada yang memenuhi kualifikasi seperti itu, maka tidak jadi masalah. Pasalnya, keberadaan kejagung itu berbeda dengan penegak hukum lainnya, mengingat sebagai perwakilan dari presiden atau pemerintah.

Di bagian lain, ia menyatakan semakin cepat semakin baik jika Presiden Joko Widodo segera memilih jaksa agung yang baru.

“Kendati demikian, saya menghargai adanya pertimbangan yang matang dari Presiden, artinya tidak perlu "grasak grusuk",” ujar pengajar Fakultas Hukum Universitas Satyagama dan malang melintang di dunia advokat.

Kaspudin Nor juga mengharapkan jaksa agung yang baru harus benar-benar independen atau tidak berpihak kepada kelompok manapun. “Jaksa agung jangan berpihak kepada kelompok manapun, benar-benar independen,” ujarnya.

Ia juga memperhatikan sosok jaksa agung mendatang harus memiliki kemampuan manajerial dan seorang "leader" yang mampu mengelola dengan baik suatu organisasi serta bagaimana meningkatkan sumber daya manusia lebih profesional.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait