BPPT: Desain Kompor dan Tabung Elpiji Perlu Diubah
Berita

BPPT: Desain Kompor dan Tabung Elpiji Perlu Diubah

Buruknya kualitas komponen kompor, tabung dan aksesori elpiji, menjadi penyebab terjadinya ledakan.

Yoz
Bacaan 2 Menit
BPPT: Desain Kompor dan Tabung Elpiji Perlu Diubah
Hukumonline

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengusulkan perbaikan desain kompor dan tabung elpiji. BPPT berharap desain baru tersebut dapat mengurangi faktor risiko akibat kesalahan pengguna. Demikian disampaikan Direktur Pusat Teknologi Konversi dan Konservasi BPPT Arya Rezavidi dalam jumpa pers, Jumat (2/7), di Jakarta.

 

Arya mengatakan, maraknya peristiwa ledakan akibat kebocoran gas yang berasal dari kompor, tabung, maupun aksesori sistem kompor elpiji pada program konversi minyak tanah ke elpiji, telah menimbulkan keresahanan di masyarakat. Hal itu diakibatkan oleh beberapa hal, seperti buruknya kualitas komponen kompor, tabung dan aksesorinya (selang, regulator, dan katup), peletakan tabung gas di ruangan yang kurang ventilasinya.

 

“Penyebab lain adalah kecerobohan pengguna atau konsumen akibat kurangnya pengetahuan tentang keamanan,” ujarnya.

 

Terkait hal itu, BPPT sebagai salah satu institusi pemerintah yang memiliki kompetensi di bidang teknologi merekomendasikan agar desain kompor dan tabung elpiji, khususnya untuk tabung 3 Kg diperbaiki. “Itu untuk mengurangi titik-titik lemah yang dikontrol pengguna,” tuturnya.

 

Arya menjelaskan, sejauh ini ada sejumlah titik lemah yang harus dikontrol konsumen, yaitu antara katup dan regulator, antara regulator dan selang, serta antara selang dan kompor. Menurutnya, dengan desain baru yang terintegrasi, hanya satu titik yang dikontrol konsumen.

 

“Dengan demikian, hal ini mengurangi faktor risiko akibat kesalahan pengguna menjadi sepertiganya,” terang Arya.

Tags: