British International Dirundung Masalah Ketenagakerjaan
Berita

British International Dirundung Masalah Ketenagakerjaan

Serikat Pekerja menuding manajemen BIS berniat memberangus serikat pekerja.

ady
Bacaan 2 Menit
British International Dirundung Masalah Ketenagakerjaan
Hukumonline

Satu lagi, sekolah bertaraf internasional di Jakarta tengah dirudung masalah ketenagakerjaan. Setelah New Zealand International School (NZIS), kini masalah itu muncul di British International School (BIS). Manajemen sekolah yang memiliki sekitar 1300 murid ini, mayoritas berasal dari negeri Inggris serta negara persemakmuran Inggris, dituding menerapkan sistem ketenagakerjaan yang buruk.

Sebagai contoh, manajemen BIS, berdasarkan hasil pemantauan Serikat Pekerja BIS, selama bertahun-tahun mempekerjakan tenaga kerja dengan kontrak per tiga bulan. Menurut Serikat Pekerja, tindakan manajemen ini melanggar UU No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Wiwik Handayani dan Esa Nurlaila adalah dua contoh tenaga kerja yang dikontrak BIS. Apesnya, Wiwik dan esa dipecat tanpa pesangon. Status keduanya bahkan tidak diakui sebagai pekerja oleh manajemen BIS.

“Sebagai lembaga pendidikan internasional ternama, ini yang paling mahal dan terbesar. Memiliki 1300 murid dari seluruh indonesia. Itu hanya orang kaya di Indonesia yang bisa sekolah di situ, (dengan uang pangkal, red) sekitar 200 juta rupiah pertahun. Belum bayar-bayar yang lainnya,” ujar Ketua SP BIS Sari Putri ditemui di Komnas HAM Jakarta, Selasa (17/1).

Menurut Sari, penerapan tenaga kerja kontrak di BIS tidak tepat karena beberapa dari tenaga kerja yang dikontrak memiliki tugas penting. Wiwik dan Esa misalnya, bertugas menjaga keamanan murid dalam perjalanan dari sekolah menuju rumah dan sebaliknya.

Tapi tugas yang penting itu tetap tidak dijadikan pertimbangan oleh manajemen BIS untuk mengakui Wiwik dan Esa sebagai pekerja. Jangankan sekadar pengakuan, selama keduanya bekerja, Wiwik dan Esa juga tidak mendapat fasilitas sebagaimana disepakati dalam perjanjian kerja bersama, termasuk Jamsostek.

Kasus pemecatan Wiwik dan Esa sendiri sudah bergulir menjadi sengketa ketenagakerjaan. Setelah melalui proses tripartit di Disnakertrans Tangerang Selatan, mediator sudah menerbitkan anjuran pada 12 Desember 2011. Dalam anjurannya, mediator menyatakan hubungan kerja Wiwik dan Esa masih berlangsung. Makanya, mediator menganjurkan agar manajemen BIS memanggil Wiwik dan Esa untuk bekerja kembali. Mediator juga menganjurkan agar manajemen BIS membayar upah selama tidak dipekerjakan.

Tags: