BPK Telisik Penyimpangan Bansos di Daerah
Berita

BPK Telisik Penyimpangan Bansos di Daerah

Alokasi dana bansos diduga terus meningkat.

FNH
Bacaan 2 Menit
BPK Telisik Penyimpangan Bansos di Daerah
Hukumonline

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sedang menelisik dugaan penyimpangan alokasi dana bantuan sosial (bansos) di daerah. Pemeriksaan dengan tujuan tertentu (PDTT), begitu nama pemeriksaan itu, dilakukan seiring dengan temuan BPK tentang peningkatan jumlah dana bansos yang dianggarkan daerah dalam APBD.

Anggota V BPK, Agung Firman Sampurna, menegaskan temuan BPK mendorong perlunya pemangku kepentingan mencermati penggunaan dana bansos. BPK, kata Agung, “sudah memandang ini ke dalam tahap yang sangat perlu untuk dicermati”.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK, Zulkarnain, juga sudah meminta agar pemberian dana bansos diperketat pengawasannya. KPK mencium dana bansos banyak yang tak sesuai peruntukan.

PPDT yang dilakukan BPK menyasar banyak daerah, terutama yang dana bansosnya ‘material’ dan daerah-daerah yang sebelumnya menyelenggarakan pilkada. Kuat dugaan, di sejumlah daerah, penyaluran bansos berkaitan dengan penyelenggaraan pilkada. Menjelang pilkada, alokasi dana bansos cenderung besar. Bansos disebut bersifat ‘material’ jika alokasinya 30-40 persen dari total APBD.

Pemberian bansos, kata Agung, belum tentu salah. Melalui PDDT, BPK hanya ingin melihat sejauh mana penyimpangan dilakukan, apakah pemberian bansos sudah sesuai peraturan atau tidak. Sumatera Selatan, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Jawa Tengah termasuk daerah yang disasar BPK karena alokasi bansos dalam APBD tinggi. Cuma, Agung tak menjelaskan berapa nilai bansos yang diduga disimpangi.

Di luar daerah tersebut, Kementerian Dalam Negeri meminta agar Pemda Papua menjelaskan penggunaan bansus karena daerah ini termasuk yang dicantumkan dalam laporan hasil pemeriksaan BPK.

Menurut Agung, beberapa modus penyimpangan dana bansos yang dilakukan pada tingkat Pemda adalah dengan membentuk Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan mengalokasikan dana ke LSM bentukan Pemda. Modus semacam ini rawan korupsi.

Tags:

Berita Terkait