BI Akan Latih Hakim Agama tentang Perbankan
Berita

BI Akan Latih Hakim Agama tentang Perbankan

Ada juga wacana membentuk pengadilan niaga syariah.

ALI
Bacaan 2 Menit
BI Akan Latih Hakim Agama tentang Perbankan
Hukumonline

Ketua Muda Kamar Agama Mahkamah Agung (MA) Andi Syamsu Alam mengatakan telah berkoordinasi dengan Bank Indonesia (BI) agar mereka melatih hakim-hakim pengadilan agama seputar produk perbankan.

“Kami sudah bekerja sama dengan BI, dan mereka bersedia untuk melatih para hakim agama seputar produk perbankan. Ini hanya menyangkut produk perbankan, kalau dari sisi syariahnya, para hakim agama tentu sudah paham,” ujarnya usai diskusi di Jakarta, Selasa (27/8).

Andi mengatakan pelatihan ini sebagai rangkaian persiapan Pengadilan Agama untuk menjalankan kewenangan menangani sengketa perbankan syariah. Selain itu, MA juga telah mengirim para hakim agama untuk belajar ke negara-negara yang sistem perbankan syariahnya sudah maju, seperti Maroko dan Inggris.

“Supaya nanti putusannya meyakinkan semua pihak bahwa Pengadilan Agama paham produk dan masalah perbankan syariah,” tambahnya.

Lebih lanjut, Andi juga mengatakan pelatihan-pelatihan ini untuk menjawab ‘kepercayaan’ sejumlah bank yang telah menegaskan bahwa masalah perbankan syariahnya akan diselesaikan di pengadilan agama. “Contohnya, BNI Syariah dan beberapa bank syariah lainnya,” ujarnya.

Andi mengungkapkan selama ini para hakim agama kerap dianggap tak paham dengan masalah-masalah perbankan. Karenanya, para pelaku bisnis syariah lebih senang menyelesaikan perkara syariahnya di pengadilan negeri. “Mereka lebih percaya ke PN, karena menganggap PA itu hanya sebagai penghulu,” ujarnya.

Namun, Andi menegaskan Pengadilan Agama akan terus berbenah. “Ada wacana membentuk pengadilan niaga syariah. Tapi ini memang masih sebuah wacana,” ungkapnya.

Tags:

Berita Terkait