Bersama-sama Membangun KAI Jadi Organisasi yang Cadas, Cerdas, dan Berkelas
Terbaru

Bersama-sama Membangun KAI Jadi Organisasi yang Cadas, Cerdas, dan Berkelas

Tujuan dari pelaksanaan kongres nasional dan KNLB adalah pengesahan AD/ART, membahas kepengurusan, dan babak baru kepemimpinan KAI.

Tim Publikasi Hukumonline
Bacaan 3 Menit
Pembukaan KNLB dan Kongres IV KAI 2024. Foto: istimewa.
Pembukaan KNLB dan Kongres IV KAI 2024. Foto: istimewa.

”KAI!”

 

”Bangkit, bangkit, bangkit!”

 

”Advokat KAI!”

 

”Cadas, cerdas, berkelas!”

 

Lebih dari seribu anggota KAI dari seluruh wilayah Indonesia dengan semangat meneriakkan yel-yel menyambut pelaksanaan Kongres Nasional Luar Biasa dan Kongres Nasional IV KAI Tahun 2024 di Edutorium Ahmad Dahlan UMS, Surakarta, Sabtu (8/6). Mengusung slogan ’Cadas, Cerdas, Berkelas’, KNLB dan kongres nasional ini diawali dengan sambutan berupa Tari Batik dan dibuka secara simbolis, dengan bersama-sama menyentuh layar videotron menggunakan aplikasi.

 

Dilaksanakan berdasarkan Surat DPP No. 011/Keputusan/DPP KAI Tahun 2024, Ketua Panitia Pelaksana Kongres Nasional IV KAI 2024, Adv. Dr. KP. H. Heru S. Notonegoro, S.H., M.H., CIL., CRA. menjelaskan, pada hari ini KAI akan menciptakan ’peradaban baru’ dalam demokratisasi jajaran organisasi advokat Indonesia. Ia mengimbau, para peserta dapat menghindari gesekan-gesekan yang dapat menciptakan konflik, selama berjalannya kongres.

 

Merujuk pada aspirasi dari sebagian besar daerah, Kongres Nasional Luar Biasa pun dilaksanakan pada hari yang sama dengan berjalannya Kongres Nasional IV KAI Tahun 2024.  Sebagaimana diketahui, tujuan dari pelaksanaan kongres nasional dan KNLB adalah membahas kepengurusan dan babak baru kepemimpinan KAI. 

 

”Forum ini diadakan dalam rangka mewujudkan peradaban baru, membuat dinamika yang konstruktif, evaluatif, dan aspiratif. Saat ini, tercatat ada lebih dari seribu anggota yang hadir. Mewakili panitia penyelenggara, kami menyampaikan penghargaan dan apresiasi setinggi-tingginya,” kata Heru.

 

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno S.E., M.M. menyambut dengan baik kehadiran para advokat KAI di Surakarta. Menjadi bagian penting dalam organisasi profesi, Sumarno mengimbau agar hal-hal yang disampaikan hari ini tidak mengakibatkan gesekan-gesekan di organisasi. ”Jauh lebih penting, kami berharap, advokat Indonesia membawa kepastian dan pelindungan hukum kepada masyarakat Indonesia,” ujar Sumarno.

 

Presiden Kongres Advokat Indonesia, Adv. Dr. Tjoetjoe Sandjaja Hernanto, S.H., M.H., CLA., CIL., CLI., CRA. mengajak para advokat KAI untuk bersama-sama membangun tradisi baru: menyelesaikan perbedaan di luar kongres dengan cara terhormat. Ia ingin suasana kongres berjalan romantis dan cair, tanpa perbedaan pandangan yang dapat membakar ’rumah’ bersama KAI.  

 

”Pada kongres nasional kali ini, saya akan mengembalikan amanah yang pernah saya terima, sekaligus saya minta mudah-mudahan organisasi ini akan semakin maju dan terdepan. Kita datang dengan satu tujuan, agar KAI bangkit. Terima kasih kepada para sahabat yang telah memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada saya dan para pemimpin KAI lain untuk menjalankan program-program di luar kendala dan perbedaan pendapat. Tugas saya terasa ringan dan mudah, karena dibantu para VP, direktur, ketua DPC, dan DPD yang kompak,” kata Tjoetjoe.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait