Anda Fresh Graduate? Ini Kiat Sukses Jadi In House Counsel Andal
Utama

Anda Fresh Graduate? Ini Kiat Sukses Jadi In House Counsel Andal

Penting untuk mempelajari UU Perseroan Terbatas dan UU terkait sedari awal. Dapat pula memperkaya keilmuan dengan menonton alur persidangan di pengadilan maupun mengikuti alur RUPS pada perusahaan PT Tbk yang banyak beredar secara online.

Ferinda K Fachri
Bacaan 4 Menit
Vice President ICCA Erlangga Gafar saat menyampaikan materi 'Bimbingan Kerja untuk Fresh Graduate Hukum', Kamis (13/7/2023). Foto: RES
Vice President ICCA Erlangga Gafar saat menyampaikan materi 'Bimbingan Kerja untuk Fresh Graduate Hukum', Kamis (13/7/2023). Foto: RES

Memasuki hari kedua Pelatihan Hukumonline 2023 bertajuk “Bimbingan Kerja untuk Fresh Graduate Hukum”, membahas materi simulasi. Perwakilan Indonesian Corporate Counsel Association (ICCA) menyampaikan materi seputar insight profesi In House Counsel (IHC) dan peranannya disertai training practical skill sebagai seorang IHC.

"Dalam kehidupan nyata, kuliah lebih enak. Dosen kasih cerita (contoh kasus), tinggal menggali dari situ. Kalau kerja kita mandiri mencari rangkaian cerita (memecahkan kasus yang dihadapi)," ujar Vice President ICCA Erlangga Gafar dalam pemaparan materinya, Kamis (13/7/2023).

Hukumonline.com

Vice President ICCA Erlangga Gafar saat menyampaikan materi di hadapan peserta bimbingan kerja.

Ia memahami masih banyak fresh graduate hukum yang clueless setelah menuntaskan pendidikan dan terjun ke dunia kerja. Pada pelatihan hari itu, dirinya berpesan agar peserta memanfatakan kesempatan yang diperoleh semaksimal mungkin. Mengingat untuk lingkup sebagai seorang IHC akan bersinggungan dengan berbagai hal.

Baca Juga:

Anindita Putri selaku Legal Commercial & Project PT KIDECO Jaya Agung yang turut hadir menjelaskan counterpart yang berhubungan dengan tim legal ialah HR (Human Resources). Umumnya, tugas yang diminta bantuan kepada IHC dari tim HR berhubungan dengan ketenagakerjaan, seperti review terkait perjanjian kerja.

Hukumonline.com

Narasumber Bimbingan Kerja untuk Fresh Graduate: Erlangga Gafar, Anindita Putri, Fatimah, dan Anisa Ramadhani Thariyan.     

Penting bagi IHC ketika diminta bantuan dari HR untuk bisa menjelaskan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Alumnus Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) itu memberi contoh sederhana berkaitan boleh atau tidaknya praktik menahan ijazah karyawan dan denda bagi karyawan yang memutuskan untuk keluar perusahaan sebelum masa kontrak habis yang sempat ramai dibincangkan beberapa waktu terakhir.

Tags:

Berita Terkait