Kupas Tuntas Standar Profil Lulusan FH Undip Berjuluk 'The Seven Star'
Law School Stories

Kupas Tuntas Standar Profil Lulusan FH Undip Berjuluk 'The Seven Star'

FH Undip melibatkan stakeholder dan user untuk memberi masukan terhadap standar profil lulusan agar sesuai harapan. Ada sejumlah keunggulan dari FH Undip, mulai akreditasi unggul, kualifikasi dosen yang mumpuni, prestasi mahasiswa dalam kompetisi moot court, hingga fasilitas yang memadai.

Ady Thea DA
Bacaan 2 Menit
Kupas Tuntas Standar Profil Lulusan FH Undip Berjuluk 'The Seven Star'
Hukumonline

Penyelenggaraan pendidikan di perguruan tinggi didorong untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas. Sebagai upaya mewujudkan lulusan yang berdaya saing tinggi Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (FH Undip) Semarang telah menetapkan berbagai standar. Antara lain menetapkan standar profil lulusan yang disebut dengan “The Seven Star”. Standar itu mencakup kompetensi lulusan sarjana hukum FH Undip menjadi SDM berkualitas dan berdaya saing tinggi untuk berpartisipasi pada pembangunan nasional dan melayani stakeholder.

Tujuh standar (The Seven Star) yang ditetapkan untuk profil lulusan FH Undip mencakup Law Policy Maker, Law Problem Solver, Negotiatior, Entrepreneur, Communicator, Professional, dan Leader. FH Undip selama ini telah menghasilkan banyak alumni yang berkontribusi dalam pengembangan dan pembangunan hukum. Lulusannya mengampu berbagai profesi dan jabatan strategis, seperti birokrat, akademisi, jaksa, hakim, pengacara, notaris, dan entrepreneur.

Belum lama ini, Hukumonline berkesempatan bertemu Dekan FH Undip Prof Retno Saraswati di gedung FH Undip Semarang, Jum’at (19/1/2024). Dalam kesempatan ini, Prof Retno memaparkan sejumlah hal antara lain tentang standar profil lulusan yang berjuluk “The Seven Star”. Intinya, setiap standar itu membekali mahasiswa agar mampu menghadapi berbagai tantangan dan perkembangan di bidang hukum. “Profil lulusan FH Undip dikenal dengan istilah The Seven Star,” kata Prof Retno.

Prof Retno menjelaskan stakeholder dan user terlibat memberi masukan terhadap lulusan FH Undip. Langkah itu penting untuk mengetahui seperti apa harapan masyarakat terutama sebagai stakeholder dan user terhadap para lulusannya. Berbagai program diselenggarakan untuk membekali mahasiswa agar kelak mampu menjalankan profesinya secara profesional. “Kami mendukung mahasiswa, memberi bekal sebelum lulus agar profil lulusan bisa tercapai,” harapnya.

Selengkapnya, simak dalam tautan video berikut ini!

Tags:

Berita Terkait