Cynthia Kurniawan Ong: Peran Vital Advokat Perempuan dalam Dinamika Dunia Hukum: From Local to Global
Hukumonline NeXGen Lawyers 2024

Cynthia Kurniawan Ong: Peran Vital Advokat Perempuan dalam Dinamika Dunia Hukum: From Local to Global

Dengan sederet pengalaman dan pencapaian di ranah akademik dan keorganisasian, Cynthia meyakini bahwa advokat hendaknya berkontribusi melalui platform yang lebih besar untuk kemajuan masyarakat. Kiprahnya pada kancah nasional bahkan internasional bertujuan membentuk a legally literate community.

Tim Hukumonline
Bacaan 4 Menit
Associate Markus Sajogo & Associates, Cynthia Kurniawan Ong. Foto: Istimewa
Associate Markus Sajogo & Associates, Cynthia Kurniawan Ong. Foto: Istimewa

As a woman, your chances are limitless, to act more, achieve more, and affect more.” Petuah dari E.L. Sajogo, Managing Partner MS&A Law Firm menjadi prinsip Cynthia Kurniawan Ong yang dipegangnya hingga saat ini untuk terus mengembangkan diri.

Keinginan Cynthia masuk ke dunia hukum awalnya banyak ditentang. Sebagai seorang perempuan, pilihannya berkarier sebagai advokat sempat diragukan banyak orang, termasuk keluarganya. Mereka masih berpandangan bahwa perempuan sebaiknya tidak terjun ke profesi yang berisiko dan didominasi laki-laki.

Dengan konsistensi, kedisiplinan, kegigihan, dan keinginan yang kuat, Cynthia berhasil meraih predikat sebagai lulusan cum laude dan wisudawan teladan dari Fakultas Hukum Universitas Surabaya. Dia juga lulus Magister Ilmu Hukum di Universitas Airlangga dengan predikat cum laude dan lulusan terbaik II. 

Selain menorehkan prestasi akademik, Cynthia adalah perempuan yang aktif berorganisasi. Ia pernah menjadi asisten dosen, Wakil Presiden BEM Universitas Surabaya, Ketua Kesejahteraan Mahasiswa HIMA Universitas Airlangga, berpartisipasi dalam Model United Nations, dan berbagai organisasi lainnya baik domestik maupun internasional.

Setelah lulus kuliah, Cynthia bergabung di Law Firm MS&A, salah satu law firm tertua di Indonesia. Meskipun telah menyelesaikan studi akademik, untuk menjadi seorang advokat Cynthia tetap bertekad untuk memperoleh sertifikasi contract drafter

Ia pernah menangani perjanjian internasional, bahkan multinasional. Keterlibatannya meluas ke ranah hak kekayaan intelektual di dalam negeri hingga luar negeri. Dalam setiap langkah dan pencapaiannya, Cynthia selalu berpedoman pada prinsip law firm tempatnya bekerja, bahwa menjadi advokat bukan sekadar bekerja untuk materi, tetapi memberikan dampak positif. 

Dalam menerapkan prinsip ini dibutuhkan dedikasi dalam hukum dan pengasahan diri. Nilai yang ditanamkan dalam dirinya inilah yang dipercaya Cynthia bisa membawanya pada kesuksesan.

Tags:

Berita Terkait