Utama

Law Firm Inspiratif, Rekrut Magang Penyandang Down Syndrome

Sejak tahun 2018, Makarim & Taira S. memulai program internship yang bekerja sama dengan Yayasan penyandang Down Syndrome. Ternyata, cikal bakal dari munculnya kegiatan ini bermula dari inisiatif deretan partner M&T setelah terinspirasi menyaksikan ajang Asian Para Games 2018 silam.
Ferinda K Fachri

Sisa Peraturan Kolonial Jadi Tantangan Hukum ke Depan

Meski berhasil membuat KUHP baru, masih banyak pekerjaan rumah soal RUU warisan kolonial lainnya yang belum disahkan dan belum selesai dibahas.
Willa Wahyuni

Kecerdasan Buatan dalam Lanskap Hukum Indonesia

Meski belum diatur dalam level UU, Indonesia memiliki sejumlah regulasi yang mengatur AI, seperti SE Menkominfo No. 9/2023 dan Panduan Kode Etik AI yang diluncurkan OJK bersama 4 asosiasi Fintech Indonesia. Namun, hal yang perlu disadari bahwa AI memiliki keunggulan dan kelemahan.
Ferinda K Fachri

Simak! Teknik Penyusunan ROPA dan DPIA dalam Pelindungan Data Pribadi

Pembuatan ROPA merupakan bentuk akuntabilitas dalam perlindungan data pribadi. Selain itu tidak hanya mematuhi hukum, tapi ROPA akan melakukannya membantu perusahaan untuk memahami risiko privasi.
Mochamad Januar Rizki

Perlunya Memperluas Kewenangan Pengawasan Kompolnas dalam RUU Polri

Berbagai kekhawatiran masyarakat sipil terhadap kewenangan kepolisian sebagaimana diatur dalam RUU Polri bisa dicegah dengan memperkuat pengawasan.
Ady Thea DA

Dekan FH Unair: Konflik Israel-Palestina Menunjukkan Lemahnya Hukum Internasional

Meski sudah banyak upaya jalur hukum yang dilakukan, tak kunjung menyudahi serangan Israel yang terus menelan korban jiwa warga sipil. Dari kasus ini secara terang menunjukkan titik lemah hukum internasional, sehingga perlu mekanisme baru dalam pertanggungjawaban negara.
Ferinda K Fachri

Peran Penting Konsultan Hukum dan Profesi Penunjang dalam Transaksi IPO

Keberhasilan IPO adalah harmonisasi dan komitmen dari pemegang saham dan profesi penunjang yang punya kode etik, standar dan prosedur.
Mochamad Januar Rizki

Melihat Urgensi dan Kesiapan Regulasi Terkait Dokter Asing di Indonesia

Beberapa negara seperti Amerika, Inggris, Kanada, Australia, Selandia Baru dan Timur Tengah sudah menjalankan program dokter asing. Namun mereka menerapkan persyaratan yang ketat seperti kualifikasi pendidikan, ujian bahasa dan kompetensi, serta pelatihan tambahan. Bagaimana dengan Indonesia?
Fitri Novia Heriani

Catatan Penting Sebelum Memilih Forum Arbitrase Internasional

Beberapa diantaranya seperti memperhatikan klausul arbitrase, memperhatikan seksama dalam memilih arbiter, sampai dengan presentasi kasus secara efisien.
Ferinda K Fachri

Tok! DPR Resmi Bentuk Pansus Angket Pengawasan Haji 2024

Antara lain menyoroti soal pembagian kuota tambahan haji, hingga layanan terhadap jemaah haji di Arab Saudi.
Ady Thea DA