Peningkatan SDM, Akreditasi, Hingga Kurikulum Jadi Topik Bahasan Raker Dekan FSH PTKIN
Terbaru

Peningkatan SDM, Akreditasi, Hingga Kurikulum Jadi Topik Bahasan Raker Dekan FSH PTKIN

Termasuk pembahasan intensif perihal percepatan (pengangkatan, red) Guru Besar bagi para Dekan FSH dengan menjalin kerja sama erat antar PTKIN mengenai publikasi hasil penelitian dan riset melalui jurnal-jurnal hukum yang ada dalam jaringan FSH PTKIN.

Ferinda K Fachri
Bacaan 3 Menit
Ketua Forum Dekan FSH PTKIN Seluruh Indonesia Prof. Makhrus Munajat saat Rapat Kerja di G’Sign Business Hotel, Banjarmasin, Kamis (25/4/2024). Foto: FKF
Ketua Forum Dekan FSH PTKIN Seluruh Indonesia Prof. Makhrus Munajat saat Rapat Kerja di G’Sign Business Hotel, Banjarmasin, Kamis (25/4/2024). Foto: FKF

Pertemuan Forum Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (FSH PTKIN) Seluruh Indonesia berlangsung selama dua hari pada 25-26 April 2024 dan dihadiri langsung oleh 39 Dekan FSH PTKIN. Terdapat sejumlah agenda yang dicanangkan, salah satunya Rapat Kerja yang mengkaji sejumlah isu penting bagi keberlangsungan dunia pendidikan tinggi di FSH.

“Kita komitmen untuk meningkatkan human resources (sumber daya manusia). Ini ditunjukkan dengan akselerasi Guru Besar, sehingga kita selalu mengevaluasi. Saat saya belum menjabat misalnya Guru Besar hanya 4. Ketika saya menjabat, kita harus ada peningkatan. Sekarang kami ada 19, berarti ada peningkatan luar biasa. Guna akselerasi, kita harus ada program kerja (untuk mempercepat),” ujar Ketua Forum Dekan FSH PTKIN Seluruh Indonesia Prof. Makhrus Munajat di sela-sela Rapat Kerja di G’Sign Business Hotel, Banjarmasin, Kamis (25/4/2024).

Hukumonline.com

Suasana gelaran pertemuan Forum Dekan FSH PTKIN se-Indonesia.  

Baca Juga:

Salah satunya dengan menguatkan fasilitas seperti jurnal hukum yang terindeks Scopus sebagai wadah kalangan Dekan FSH dapat mempublikasi hasil penelitian dan risetnya. Hal tersebut diyakini dapat membantu para civitas akademika, khususnya Dekan di lingkungan FSH PTKIN dapat bersinergi dalam menghasilkan jurnal hukum.

Selain upaya akselerasi Guru Besar FSH PTKIN, rapat yang berlangsung sore hari itu juga membahas rencana mendongkrak rekognisi terhadap kampus masing-masing, khususnya Program Studi (Prodi) yang ada di FSH dapat mencapai akreditasi “UNGGUL”. Sehubungan dengan itu, adaptasi dan dan visioner menjadi nilai yang harus dikedepankan pihak FSH PTKIN dalam rangka meningkatkan predikat Prodi.

“PT dan PTKIN di Indonesia itu sudah berorientasi kepada World Class University (WCU). Setiap Perguruan Tinggi sudah berarah ke situ. Tentu saja ketika berbicara tentang program berkelas internasional itu juga berbicara tentang Human Resources, dipersiapkan sebaik-baiknya. Kemudian nanti kerja sama baik yang sifatnya regional, nasional, maupun internasional. Pembahasan itu sudah pasti selalu disinggung,” terangnya.

Sekretaris Forum Dekan FSH PTKIN Seluruh Indonesia Prof. Dr. Sudirman Hasan menerangkan rapat kerja membahas diantaranya program-program kerja, laporan keuangan, serta hasil pertemuan kalangan Dekan FSH PTKIN di Yogyakarta pada Ramadhan lalu yang membahas upaya mempertahankan gelar “Sarjana Hukum (S.H.)” bagi para lulusan FSH yang telah disampaikannya Surat Pernyataan Sikap kepada Kementerian terkait.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait