INI Siap Gelar Kongres Notaris Berskala Internasional
Berita

INI Siap Gelar Kongres Notaris Berskala Internasional

​​​​​​​Kongres ini bertujuan untuk menjaga eksistensi profesi notaris di era revolusi industri 4.0. 

Oleh:
Moch Dani Pratama Huzaini
Bacaan 2 Menit
Ketua Umum INI Yualita Widyadhari (tengah) dalam rapat panitia Kongres Notaris Internasional di Jakarta, Selasa (5/11). Foto: CT-CAT
Ketua Umum INI Yualita Widyadhari (tengah) dalam rapat panitia Kongres Notaris Internasional di Jakarta, Selasa (5/11). Foto: CT-CAT

Indonesia akan menjadi tuan rumah kongres notaris tingkat dunia. Ikatan Notaris Indonesia (INI) sebagai organisasi profesi notaris di Tanah Air tengah menyiapkan penyelenggaraan kongres berskala internasional ini. Penyelenggaraan kongres ini merupakan kerja sama antara INI dengan The Internasional Union of Notaries (UINL).

 

Rencananya, kongres akan diselenggarakan selama tiga hari, tanggal 27 - 30 November 2019, di Jakarta Convention Center (JCC). Hukumonline berkesempatan hadir dalam rapat persiapan acara tersebut oleh panitia kongres yang digelar di JCC, Selasa (5/11).

 

Sejumlah Pengurus Pusat INI pun hadir dalam rapat panitia tersebut. Mulai dari Ketua Umum INI Yualita Widyadhari, Ketua Operating Committee Congress, Rita Alfiana serta perwakilan dari UINL, Elody Letauce. Bagi notaris Indonesia yang hendak ikut serta dalam kongres ini, batas akhir pendaftarannya pada 18 November.

 

“Telah kita sepakati pendaftaran terakhir tanggal 18 November, sementara pembayaran terkahir tanggal 22 November,” ujar Yualita saat rapat berlangsung.

 

Direncanakan pada momentum pembukaan kongres nantinya akan mengundang Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, sejumlah menteri, duta besar negara-negara sahabat, serta perwakilan universitas-universitas.

 

Sementara itu, Ketua OC Kongres, Rita Alfiana kepada Hukumonline mengungkapkan, kongres notaris internasional ini merupakan kongres pertama yang diselenggarakan di Asia. Selama ini kongres selalu diselenggarakan di kawasan Eropa dan Amerika.

 

Sejumlah topik diskusi akan diangkat dalam kongres. Tema-tema tersebut bertujuan untuk menjaga eksistensi profesi notaris di era revolusi industri 4.0. Sejumlah pakar-pakar internasional juga turut menjadi narasumber dalam kongres.

Tags:

Berita Terkait