Pesan Presiden ke Polri: Buang Budaya Koruptif
Aktual

Pesan Presiden ke Polri: Buang Budaya Koruptif

Oleh:
M. Agus Yozami
Bacaan 2 Menit
Pesan Presiden ke Polri: Buang Budaya Koruptif
Hukumonline

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) harus senantiasa menjalankan perannya dalam menjaga kerukunan serta menjaga nilai-nilai kebinekaan.

 

“Polri harus terus mengantisipasi dan mencegah berbagai potensi konflik horizontal dengan mengangkat sentimen primordial, seperti mempertentangkan perbedaan suku, perbedaan agama, perbedaan ras,” tegas Presiden seperti dilansir situs Setkab saat menyampaikan amanat pada Upacara Pembinaan Tradisi Polri dalam rangka Peringatan ke-72 Hari Bhayangkara Tahun 2018 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (11/7) pagi.

 

Polri, lanjut Presiden, harus tetap membangkitkan rasa persaudaraan, menggalang kerukunan, dan persatuan antar elemen masyarakat sehingga kita tidak masuk dan terjebak dalam lingkaran permusuhan dan kebencian.

 

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan, ada banyak tugas besar yang menanti Polri, mulai dari pengamanan rangkaian tahapan Pileg (Pemilihan Anggota Legislatif) dan Pilpres (Pemilihan Presiden) 2019 yang sudah semakin dekat, pengamanan Natal dan Tahun Baru, pengamanan agenda internasional seperti pelaksanaan Asian Games ke-18 dan Asian Paragames, serta pertemuan tahunan IMF Bank Dunia.

 

“Semua itu membutuhkan langkah antisipatif, memerlukan perencanaan yang detil dan matang, agar segala potensi kerawanan dapat dicegah,” tegas Presiden.

 

Presiden menginstruksikan seluruh jajaran Polri untuk terus meningkatkan kinerjanya. Pertama, kata Presiden, mantapkan soliditas internal dan profesionalisme Polri untuk menumbuhkan dan memperkokoh semangat kebersamaan dalam menghadapi tantangan ke depan yang semakin kompleks.

 

Kedua, lakukan perbaikan terhadap kelemahan-kelemahan yang ada, terutama dalam penegakan hukum, harus dilakukan secara profesional, transparan, dan berkeadilan. Ketiga, buang budaya koruptif dan hindari tindakan yang berlebihan, serta meningkatkan kepercayaan publik terhadap Polri.

Tags: