Mantan Hakim Agung Benyamin Mangkoedilaga Wafat
Aktual

Mantan Hakim Agung Benyamin Mangkoedilaga Wafat

RED
Bacaan 2 Menit
Mantan Hakim Agung Benyamin Mangkoedilaga Wafat
Hukumonline

Dunia hukum Indonesia berduka. Mantan Hakim Agung, Benyamin Mangkoedilaga dikabarkan telah tutup usia. Berdasarkan pesan singkat yang diterima hukumonline, Benyamin menghembuskan nafas terakhir sekira pukul 16.30 WIB di Rumah Sakit Jakarta.

“Innalillahi wa innaillaihi rahiuun...telah berpulang ke Rahmatullah Benjamin Mangkoedilaga (mantan Hakim Agung) pukul 16.30 di RS Jakarta. Mohon doa-nya, InsyaAllah, Almarhum Khusnul Khatimah. Aamiin YRA Berita dari Taufik Gumulya R. Mangkoedilaga,” begitu bunyi pesan singkat yang diterima hukumonline.

Berdasarkan catatan hukumonline, (alm) Benyamin Mangkoedilaga memiliki rekam jejak karier yang cukup panjang. Sebagai hakim, kariernya dimulai di Pengadilan Negeri Rangkas Bitung (1967), lalu berpindah ke beberapa pengadilan lain termasuk menjadi Ketua PTUN Jakarta, dimana Almarhum kala itu memenangkan gugatan majalah Tempo yang menjadi korban pembredelan pemerintah Orde Baru.

Selain hakim, (alm) Benyamin juga sempat menjadi Ketua Komisi Persahabatan dan Rekonsiliasi untuk Timor Leste serta termasuk salah satu pendiri Partnership for Governance Reform.

Tags: