Pansel Akan Gandeng KPK Telusuri Pelamar Calon Dirjen Pajak
Berita

Pansel Akan Gandeng KPK Telusuri Pelamar Calon Dirjen Pajak

Seorang dirjen pajak harus ahli dalam bidang perpajakan, ekonomi dan hukum.

RED/ANT
Bacaan 2 Menit
Foto: Sgp
Foto: Sgp
Panitia seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi madya eselon satu di lingkungan Kementerian Keuangan memastikan sebanyak 28 pelamar telah lulus seleksi administrasi untuk jabatan Dirjen Pajak.
"Dari 28 pelamar untuk Dirjen Pajak, 25 merupakan PNS dari lingkungan Kementerian Keuangan, dan tiga dari luar PNS Kementerian Keuangan," kata Wakil Menteri Keuangan, sekaligus Ketua Panitia Seleksi, Mardiasmo, Jumat (28/11).
Mardiasmo mengatakan 28 pelamar posisi Dirjen Pajak ini bersama para pelamar lainnya yang mengikuti seleksi pimpinan tinggi madya, akan mengikuti proses seleksi selanjutnya yaitu uji penulisan makalah dan penelusuran rekam jejak.
"Untuk uji kelayakan dan rekam jejak kita sampaikan kepada media massa, biar masyarakat yang menilai integritas mereka. Kita diawal juga meminta pendapat PPATK, kalau perlu pada saat konfirmasi terakhir kita minta juga pendapat KPK," katanya.
Setelah lulus dari uji penulisan makalah dan penelusuran rekam jejak, para pelamar akan mengikuti seleksi assesment center, pemeriksaan kesehatan, serta wawancara dengan panitia seleksi dan wawancara dengan menteri keuangan.
"Pada tahap akhir, tim penilai akan memberikan lima nama untuk masing-masing posisi agar Menkeu punya 'shortlist' yang layak, dan kami tidak akan memberikan ranking, karena Menkeu yang akan merangking sebelum diberikan ke Presiden," ujar Mardiasmo.
Anggota panitia seleksi Taufiequrachman Ruki menambahkan, dalam seleksi penelusuran rekam jejak, panitia akan meminta bantuan masyarakat termasuk KPK apabila diperlukan, terutama bagi Dirjen Pajak yang diharapkan memiliki kualitas teknis baik.
Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait