Petahana Bupati Gugat Hasil Pemilukada Garut
Berita

Petahana Bupati Gugat Hasil Pemilukada Garut

Pemohon diminta untuk memperbaiki petitum permohonannya.

ASH
Bacaan 2 Menit
Petahana Bupati Gugat Hasil Pemilukada Garut
Hukumonline

Sidang sengketa hasil pemilukada putaran kedua Kabupaten Garut digelar di MK. Permohonan ini diajukan Agus Hamdani yang juga petahana Bupati Garut (incumbent) yang berpasangan dengan Abdussy Syukur (5). Pasangan ini menuding penyelenggaraan pemilukada putaran kedua yang digelar 17 November lalu diwarnai sejumlah pelanggaran secara terstruktur, sistematis, dan masif.

“Telah terjadi pelanggaran yang bersifat terstruktur, sistematis, dan masif yang dilakukan pasangan KPU Kabupaten Garut dan pasangan Rudy Gunawan-Helmi Budiman (8) selaku pihak terkait,” kata kuasa hukum pasangan Akur, Fadly Nasution dalam sidang pendahuluan yang diketuai Arief Hidayat di ruang sidang MK, Senin (9/12).    

Dalam persidangan, Fadly membeberkan beberapa pelanggaran yang telah dilakukan pasangan nomor 8, Rudy Gunawan-Helmi Budiman. Misalnya, adanya sejumlah formulir C6 (surat panggilan) yang tidak diserahkan petugas KPPS di TPS Kecamatan Malambong, khususnya TPS yang berdekatan dengan lokasi markas Timses pasangan Rudy-Helmi.

“Ini bentuk tidak independensi petugas KPPS, ada juga petugas KPPS yang merangkap Timses. Bahkan cenderung ada penggiringan suara untuk memilih pasangan nomor 8,” ungkap Fadly. “Pemilukada Garut juga ditemukan adanya pembiaran oleh PPK, PPS, Panwascam terhadap baliho dan spanduk pasangan Rudi-Helmi yang masih terpasang saat hari tenang.”    

KPU Kabupaten Garut juga dituding menggelembungkan suara dan berpihak kepada pasangan Rudy-Helmi. Buktinya, keberatan saksi pemohon terhadap petugas KPPS tidak pernah ditanggapi. Malah, saksi pemohon mendapat intimidasi saat menandatangani berita acara penghitungan suara di tingkap KPPS.

“Termohon juga tidak membuat pengumuman Daftar Pemilih Tetap (DPT), sehingga banyak masyarakat tak tahu lokasi TPS. Pemohon menemukan petugas KPPS sengaja merusak surat suara pasangan nomor urut 5 agar menjadi tidak sah,” bebernya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan disebut-sebut membantu pasangan Rudy-Helmi dalam upaya mendulang suara saat “blusukan” ke Pondok Pesantren Riyadul Huda, Desa Sukawangi, Singajaya. Saat gubernur Blusukan, pasangan Rudy-Helmi menemani gubernur mengajak warga untuk mendukung pasangan nomor 8 karena pasangan ini juga didukung kader PKS.

Tags: