Mobil Dinas Mulai Dipasangi Konverter Kit
Aktual

Mobil Dinas Mulai Dipasangi Konverter Kit

CR15
Bacaan 2 Menit
Mobil Dinas Mulai Dipasangi Konverter Kit
Hukumonline

Dalam rangka melaksanakan program prioritas nasional di bidang energi, pemerintah mulai memasang konverter kit bagi mobil dinas secara gratis. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan semua mobil dinas kementerian nantinya akan beralih menggunakan gas. Selanjutnya, akan diupayakan untuk mendorong konversi terhadap mobil dinas pemerintah daerah di seluruh Indonesia.

Konverter kit dipasang pada mobil untuk menyesuaikan tanki bahan bakar yang biasanya diisi minyak agar bisa diisi gas. Konverter yang disiapkan untuk dipasang pada mobil dinas pemerintah adalah sejumlah 2000. Dari jumlah itu, 1.250 unit di antaranya diperuntukkan gas terkompresi (CNG) sedangkan sisanya untuk gas cair (LGV).

Pemerintah menunjuk PT Nusantara Turbin dan Propulsi, anak perusahaan PT Dirgantara sebagai pemenang tender,untuk menangani kebutuhan konverter. Sedangkan untuk memasang konverter ke mobil-mobil dinas yang berada di Jakarta dan sekitarnya, pemerintah menunjuk bengkel Autogas di wilayah Bumi Serpong Damai.

"Saat ini sudah 137 konverter kita yang terpasang di mobil dinas di Jakarta. Siapa yang duluan datang ke bengkel, akan dipasang. Sebanyak 2.000 unit itu sudah siap dipasang," ujar Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Kementerian ESDM Umi Asngadah.

Tags: