Kabut Asap Cermin Buruk Tata Kelola Kehutanan
Aktual

Kabut Asap Cermin Buruk Tata Kelola Kehutanan

M14
Bacaan 2 Menit
Kabut Asap Cermin Buruk Tata Kelola Kehutanan
Hukumonline

Sawit Watch menilai kabut asap akibat kebakaran hutan di Pulau Sumatera merupakan cermin buruknya tata kelola hutan dan lahan. Demikian rilis Sawit Watch, Jumat (28/6).

Menurut Bondan Andriyanu, dari Sawit Watch menuliskan kebakaran hutan dan lahan tidak dapat dipandang sebagai masalah yang berdiri sendiri. Ia harus dipandang sebagai sebuah symptom dari memburuknya kesehatan hutan alam.Eksploitasi hutan alam dalam skala masif yang dimulai dilakukan pada awal tahun 1970 telah menyebabkan hutan-hutan alam rusak parah.

“Keadaan ini diperparah dengan politik konversi hutan alam dimana pemerintah memberi insentif kebijakan dan finansial bagi pengusaha-pengusaha membuka perkebunan monokultur skala besar seperti perkebunan kelapa sawit dan kebun kayu komersial (HTI),” tulis Bondan.

Berdasarkan pantauan dan penelusuran Sawit Watch, perusahaan perkebunan sawit berkontribusi besar atas terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Selama periode 13 Mei hingga 20 Juni 2013, ada indikasi sekitar 104 perusahaan perkebunan sawit yang mempunyai titik api.

Tags:

Berita Terkait