Hyundai Ajukan Pailit Kepsonic Indonesia
Berita

Hyundai Ajukan Pailit Kepsonic Indonesia

HRS
Bacaan 2 Menit
PT Kepsonic Indonesia dimohonkan pailit oleh Hyundai di Pengadilan Niaga Jakarta. Foto: Sgp
PT Kepsonic Indonesia dimohonkan pailit oleh Hyundai di Pengadilan Niaga Jakarta. Foto: Sgp

PT Kepsonic Indonesia dimohonkan pailit oleh Hyundai Injection Moulding Company di Pengadilan Niaga Jakarta, Senin (22/10). Permohonan ini telah masuk ke tahap pembuktian. 

Permohonan muncul akibat tidak dibayarnya utang oleh PT Kepsonic Indonesia atas perjanjian Packing List terkait mesin-mesin sebanyak tigapeti kemas pada 6 Mei 2010 lalu.

Total harga mesin-mesin tersebut adalah AS$630.000. Namun, perusahaan manufaktur yang bergerak dalam pembuatanspare part televisi merek Samsung tidak mampu membayar lunas.


Kepsonic Indonesia hanya membayar sebesar AS$238.000. Dengan Iktikad baik, Hyundai pun melakukan penjadwalan ulang pembayaran utang tersebut pada 2 Agustus 2011. Tujuannya, memberikan kemudahan kepada Kepsonic guna melunasi sisa kewajiban, AS$392.000, Hyundai merestrukturisasi utang dengan cara mengangsur.


Pola ini membuat perusahaan Kepsonic Indonesia membayar AS$50.000 per 30 Oktober dan 30 Desember 2011. Sisanya, Kepsonic hanya membayar AS$24.333 setiap tanggal 30 per bulannya sepanjang Januari hingga Desember 2012.


“Namun, lagi-lagi PT Kepsonic Indonesia tidak memenuhi iktikad baik itu,” tulis Kuasa Hukum Hyundai Injection Moulding Company, Wardaya dalam berkas permohonannya.


Selain tidak melakukan pembayaran atas sisa utang tersebut, Kepsonic juga tidak pernah merespon tagihan-tagihan yang diajukan Hyundai. Melihat gelagat yang kurang baik ini, Hyundai akhirnya memilih langkah hukum, yaitu mengajukan permohonan pailit ke Pengadilan Niaga Jakarta.

Tags: