Bismar Siregar Tutup Usia
Aktual

Bismar Siregar Tutup Usia

Inu
Bacaan 2 Menit
Bismar Siregar Tutup Usia
Hukumonline

Mantan Hakim Agung, Bismar Siregar menghembuskan nafas terakhir di RS Fatmawati, Jakarta sekira 12.25 WIB. Ayah dari tujuh anak ini sebelumnya dalam keadaan kritis dan menjalani perawatan intensif di ruang ICU RS Fatmawati.

“Sekira jam 12.25 WIB,” tutur sumber yang bekerja di Kantor Pengacara Kemalsyah Siregar, salah satu putra almarhum pada hukumonline. Selanjutnya, lanjut sumber tadi, jenazah akan disemayamkan di rumah duka di Jl Cilandak I Nomor 25 A, Jakarta Selatan.

Almarhum lahir di Sipirok, Sumatera Utara pada 15 September 1928. Dia menikah dengan Yunaein F Damanik, dan dari tujuh anak, pasangan ini dikaruniai belasan cucu.

Alumni FHUI tahun 1956 ini mengawali karier sebagai jaksa di Kejari Palembang sejak 1957-1959, seperti dikutip dari situs tokohindonesia.com. Karier sebagai hakim dimulai pada 1961 di PN Pangkalpinang. Lalu pada 1969 diangkat sebagai Panitera Mahkamah Agung.

Kemudian pada 1971 diangkat menjadi Ketua di salah satu Pengadilan Negeri Jakarta. Lalu, pada 1981 menjadi hakim tingkat banding di Pengadilan Tinggi Jawa Barat di Bandung. Setahun kemudian diangkat menjadi Ketua Pengadilan Tinggi Sumatera Utara di Medan. Lalu pada 1984 mengucap sumpah sebagai Hakim Agung.

Sosok Bismar dikenal sebagai hakim yang bersih serta mengutamakan nurani pada setiap putusan. Bahkan ketika banyak orang menghujat mantan Presiden Soeharto almarhum, Bismar malah mengirimkan surat berisi empati pada penguasa Indonesia selama 32 tahun itu.

Selamat jalan Pak Bismar.....

Tags: