Rabu, Seleksi Capim KPK di DPR Dimulai
Aktual

Rabu, Seleksi Capim KPK di DPR Dimulai

Ali
Bacaan 2 Menit
Rabu, Seleksi Capim KPK di DPR Dimulai
Hukumonline

Ketua Komisi III DPR Benny K Harman menuturkan bahwa komisinya akan memulai proses seleksi delapan calon pimpinan KPK yang diajukan oleh Pansel. “Kita akan mulai dengan mengumumkan delapan calon pimpinan itu ke publik melalui media massa,” ujarnya di Gedung DPR, Senin (17/10).

 

Pengumuman akan dilakukan pada 19 Oktober 2011. Tujuannya agar membuka partisipasi masyarakat untuk memberikan masukan terhadap delapan capim KPK itu. Masukan dari masyarakat akan diterima hingga 21 November 2011. “Kami buka seluas-luasnya untuk masukan dari masyarakat,” ujarnya.

 

Pada 24 Oktober 2011, para capim KPK sudah mulai dites keahliannya. Mereka diminta hadir ke Komisi III untuk membuat makalah mengenai pemberantasan korupsi. Sejumlah topik sudah dipilih seperti ‘Optimalisasi Pengawasan Internal’, ‘Urgensi Keberadaan Penyidik dan Penuntut Umum Independen’, ‘Koordinasi dan Supervisi sebagai sarana pengaktifan pemberantasan korupsi’ dan sebagainya.

 

“Ada lima judul makalah yang kita pilihkan. Mereka nanti tinggal memilih dalam amplop. Pembuatan makalah bisa menggunakan laptop atau tulisan tangan,” ujarnya.

 

Setelah itu, Komisi III akan menggelar Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan komponen masyarakat pada 25 Oktober. Tujuannya, masih menerima masukan masyarakat terhadap track record para calon. Ini sebagai penutup sebelum DPR memasuki masa reses pada 28 Oktober.

 

Tahap wawancara dilakukan setelah masa reses usai. “Senin, 21 November 2011, kita mulai fit and proper test. Ini akan dilakukan selama delapan hari. Satu hari, satu calon,” ujarnya. Dalam tahap ini ada dua bagian, pertama klarifikasi atau konfirmasi terhadap dokumen teknis administrasi dan harta kekayaan calon. Kedua, mengenai sustansi keahlian calon. “Semoga 1 Desember 2011 sudah ada keputusan,” pungkasnya.

Tags: