Klausula Alih Tanggung Jawab Masih Dipakai Pengelola Parkir
Berita

Klausula Alih Tanggung Jawab Masih Dipakai Pengelola Parkir

Pemilik kendaraan malah terancam denda lima kali biaya parkir jika menghilangkan tanda retribusi parkir. Tetapi kalau kendaraan hilang, pengelola parkir enggan bertanggung jawab.

Mys
Bacaan 2 Menit
Klausula Alih Tanggung Jawab Masih Dipakai Pengelola Parkir
Hukumonline

 

Unit Usaha Perparkiran PD Pasar Jaya mencantumkan rumusan senada. Kendaraan harus dikunci. Tidak mengganti kerugian kendaraan dan barang-barang yang hilang/rusak. Pada bagian akhir rumusan itu tercantum rujukannya, yakni Perda DKI No. 6 Tahun 2002 tentang Pajak Parkir Wilayah Provinsi DKI Jakarta.

 

Ancaman denda atas kehilangan tanda parkir tercantum pula pada tiket parkir motor di Gedung Asuransi Wahana Tata, Kuningan, waktu berkunjung 19 Mei 2008. Besarnya memang ‘hanya' lima ribu rupiah. Seperti di tempat lain, di sini pengelola tetap mengalihkan tanggung jawab kepada pengendara atau pemilik kendaraan. Selain alih tanggung jawab, ada pula yang menggunakan kata resiko.

 

Resiko sendiri

Lokasi parkir luar gedung sama saja. Di Jalan Bendungan Walahar di samping Wisma GKBI Jalan Sudirman misalnya, kehilangan atau kerusakan kendaraan yang tengah diparkir dianggap sebagai resiko si pemilik kendaraan. Segala kehilangan/kerusakan atas kendaraan yang diparkir dan barang-barang di dalam adalah resiko pemilik sendiri, begitu klausula yang tercantum pada tiket parkir motor di lokasi parkir samping Wisma Mayapada, Jalan Sudirman.

 

Di lokasi parkir yang relatif aman seperti di hotel, aturannya tak jauh berbeda. Tiket parkir di Manhattan Hotel Jakarta mencantumkan tiga klausula. Pertama, klausula yang mendorong pemilik mengunci kendaraan dengan baik dan himbauan agar tidak meninggalkan barang berharga di kendaraan. Kedua, jangan sampai tanda bukti parkir hilang, sebab bisa didenda 10 ribu rupiah di luar kewajiban melapor ke petugas keamanan hotel. Ketiga, klausula baku yang cakupannya justeru lebih luas. Pengelola bukan hanya mengalihkan tanggung jawab atas kehilangan kendaraan secara utuh, melainkan mencakup pula bagian-bagian peralatan kendaraan dan benda-benda lain selama di lokasi parkir.

 

Mungkin menarik pandangan hakim dalam putusan perkara Sumito Y. Viansyah tadi. Dalam pandangan majelis hakim, di satu sisi bisnis perparkiran bukan sekedar bisnis penyedia jasa, melainkan bisnis yang menjanjikan keuntungan besar bagi pengelolanya. Karena itu, di sisi lain, jaminan perlindungan hukum kepada konsumen parkir harus lebih diseimbangkan. Keberadaan klausula baku, masih menurut hakim, malah tidak mencerminkan keseimbangan perlindungan hukum bagi konsumen.

 

Beberapa kali dikalahkan pengadilan ketika digugat pemilik yang kehilangan kendaraan di lokasi parkir tidak membuat pengelola parkir kapok. Puluhan tempat parkir yang dikunjungi memang memberi tanda bukti parkir kepada pemilik kendaraan. Tetapi pada sebagian tanda bukti tersebut dirumuskan klausula pengalihan tanggung jawab atas kehilangan.

 

Sebagaimana diketahui, pada awal Mei lalu, PN Jakarta Pusat kembali memenangkan konsumen perparkiran yang kehilangan kendaraan. Majelis mengabulkan gugatan Sumito Y Viansyah melawan Secure Parking. Meskipun putusan atas perkara ini belum berkekuatan hukum tetap, cukup menarik melihat pertimbangan majelis. Majelis hakim menegaskan larangan bagi pengelola parkir untuk menghindari tanggung jawab atas hilangnya kendaraan di lokasi parkir.

 

Ironisnya, klausula pengalihan tanggung jawab itu masih ditemukan di lokasi parkir yang dikelola instansi pemerintah seperti Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia dan Pemda DKI Jakarta.  Pada tanda bukti parkir motor warna putih berlogo pohon pengayoman, klausula-klausula perparkiran termuat pada bagian belakang. Di situ jelas tertera rumusan bahwa kehilangan dan kerusakan menjadi tanggung jawab pemilik kendaraan.

 

Tidak semua lokasi parkir yang dikunjungi memuat syarat-syarat pada tiket parkir. Tetapi semua tanda bukti parkir yang memuat persyaratan selalu mencantumkan klausula baku alias klausula pengalihan tanggung jawab. Simak saja rumusan yang tercantum pada tiket retribusi parkir yang dikeluarkan secara resmi oleh Pemda DKI Jakarta. Kehilangan dan atau kerusakan kendaraan beserta isinya adalah resiko pemilik sendiri.

 

Tiket parkir diperoleh pada waktu penelusuran lapangan 23 Mei lalu. Selain klausula alih tanggung jawab, tanda bukti parkir yang diterbitkan Badan Pengelola Perparkiran (BPP) DKI Jakarta juga memuat sejumlah rumusan yang lebih detail dibanding tanda yang dikeluarkan lembaga lain. Mulai dari status tanda parkir sebagai bentuk pungutan daerah, hingga klausul baku. Uniknya, ada juga ancaman denda membayar 5 kali lipat biaya parkir kalau tanda retribusi parkir hilang. Selain membayar denda, si pemilik kendaraan wajib menunjukkan bukti kepemilikan kendaraan kepada petugas seperti STNK dan BPKB.

Halaman Selanjutnya:
Tags: