YLKI Dukung Pemerintah Tindak Tegas Pelaku Impor Ilegal
Terbaru

YLKI Dukung Pemerintah Tindak Tegas Pelaku Impor Ilegal

Tindakan tegas terhadap pelaku impor ilegal diperlukan lantaran tidak sedikit produk makanan dan minuman asal luar negeri tidak sesuai ketentuan sehingga berbahaya.

M. Agus Yozami
Bacaan 3 Menit
Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Sudaryatmo. Foto: BPKN
Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Sudaryatmo. Foto: BPKN

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mendukung penuh upaya Kementerian Perdagangan (Kemendag) dalam pembentukan satuan tugas (satgas) yang mengatasi barang impor ilegal serta meminta adanya tindakan tegas terhadap pelaku.

Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sudaryatmo mengatakan tindakan tegas terhadap pelaku impor ilegal diperlukan lantaran tidak sedikit produk makanan dan minuman asal luar negeri tidak sesuai ketentuan sehingga berbahaya.

"Kalau bisa ya ini pelakunya (impor ilegal) ditelusuri sama diproses hukum, siapa yang terlibat dalam pemasokan, peredaran, dan perdagangan produk ilegal," kata Sudaryatmo melalui keterangan di Jakarta, Kamis (18/7).

Baca Juga:

Lebih lanjut, Sudaryatmo menyebut masuknya produk pangan ilegal asal China lantaran pengawasan yang lemah. Rata-rata produk pangan yang terdiri atas makanan dan minuman memiliki kualitas di bawah standar dan tidak ada izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan tidak bersertifikasi Halal.

Salah satu contoh kasusnya, kata Sudaryatmo, terjadi di Sukabumi pada Mei 2024, di mana belasan siswa SDN Cidadap I, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi mengalami pusing, mual dan muntah usai membeli makanan ringan asal China bermerek 'Hot Spicy Latiru dan Latiao Strips'.

Ia berharap, kasus serupa tidak terjadi lagi setelah terbentuknya satgas yang mengatasi impor ilegal.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait