Transaksi Mencurigakan Rp349 Triliun dari PPATK Hingga Pengawasan Market Conduct Prioritas OJK
Terbaru

Transaksi Mencurigakan Rp349 Triliun dari PPATK Hingga Pengawasan Market Conduct Prioritas OJK

Merger 2 perusahaan teknologi lahirkan perpustakaan hukum global, KPK warning larangan PNS terima gratifikasi hari raya lebaran, hingga mengenal posisi legal manager dan skill yang dibutuhkan turut dibahas Hukumonline.

Agus Sahbani
Bacaan 3 Menit
Kantor OJK. Foto: RES
Kantor OJK. Foto: RES

Redaksi Hukumonline menayangkan sejumlah artikel terkait isu hukum setiap harinya. Beragam isu hukum disajikan secara lugas dengan bahasa yang mudah dipahami selalu menghiasi pemberitaan Hukumonline. Untuk Selasa (11/4/2023), Redaksi Hukumonline memilih 5 artikel pilihan yang layak untuk dibaca mulai isu transaksi mencurigakan Rp349 triliun berasal dari PPATK hingga pengawasan market conduct prioritas OJK. Yuk, kita simak ringkasannya!

  1. Mahfud MD: Data Transaksi Mencurigakan Rp349 Triliun Berasal dari PPATK

Kasus transaksi keuangan mencurigakan di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebesar Rp349 triliun yang diungkap Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Moh Mahfud MD mendapat perhatian serius DPR. Buktinya, Komisi III DPR kembali menggelar rapat kerja dengan Mahfud MD, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana sebagai Komite Nasional Pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang (KNP- TPPU) untuk membahas masalah tersebut. Simak selengkapnya dalam artikel ini!    

  1. Merger 2 Perusahaan Teknologi Ini Lahirkan Perpustakaan Hukum Global

Seperti ramai dibincangkan, dua perusahaan teknologi hukum besar yakni vLex dan Fastcase baru saja mengumumkan merger. Keputusan merger keduanya membentuk basis pelanggan firma hukum untuk menyajikan perpustakaan gabungan terbesar di dunia. Disebutkan berbagai sumber setidaknya perpustakaan gabungan terbesar itu akan memuat lebih dari 1 miliar dokumen hukum dari lebih 100 negara. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

  1. KPK Warning Larangan PNS Terima Gratifikasi Hari Raya Lebaran

Menjelang hari raya lebaran, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengingatkan kepada pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara agar tak menerima hadiah atau pemberian dari pihak manapun. Pentingnya melakukan pencegahan korupsi khususnya melalui pengendalian gratifikasi terkait hari raya keagamaan atau perayaan hari besar lainnya. Imbauan tersebut dituangkan dalam Surat Edaran (SE) KPK No.6 tahun 2023 tanggal 30 Maret 2023 tentang Pencegahan Korupsi dan Pengendalian Gratifikasi Terkait Hari Raya. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

  1. Mengenal Posisi Legal Manager dan Skill yang Dibutuhkan

Di dalam dunia bisnis, aspek hukum berperan penting untuk memastikan keberlangsungan dan kepatuhan perusahaan agar tercipta bisnis yang berkelanjutan. Oleh karenanya, diperlukan peran legal manager yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam hal hukum bisnis ini. Dalam bisnis, masalah hukum yang akan timbul selama operasional perusahaan, seperti sengketa bisnis, kontrak, dan lisensi berkemungkinan besar akan terjadi. Untuk itu, posisi ini berperan dalam menangani masalah hukum yang mungkin akan timbul. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

  1. Pengawasan Market Conduct Jadi Prioritas OJK

Market conduct merupakan perilaku pelaku usaha jasa keuangan dalam mendesain, menyusun dan menyampaikan informasi, menawarkan, membuat perjanjian atas produk atau layanan, serta penyelesaian sengketa dan penanganan pengaduan. “Pengawasan market conduct secara onsite dan offsite untuk memastikan penerapan ketentuan pelindungan konsumen, yaitu pemeriksaan tematik, pemeriksaan khusus, market intelligence, dan pemantauan,” kata Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen OJK, Friderica Widyasari Dewi dalam acara diskusi yang diselenggarakan Hukumonline dan Indonesia Corporate Secretary Association (ICSA) dengan tema UU P2SK sebagai Penguatan Sektor Keuangan bagi Konsumen dan Industri Keuangan, Selasa (11/4/2023). Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Itulah 5 artikel pilihan Redaksi Hukumonline hari ini. Semoga highlight artikel tersebut dapat memberi informasi tambahan bagi Anda. Simak selengkapnya beragam artikel lainnya dalam Berita Hukumonline. Selamat membaca!

Tags:

Berita Terkait