Strategi FH Unair Raih Reputasi Pendidikan Tinggi Berskala Internasional
Terbaru

Strategi FH Unair Raih Reputasi Pendidikan Tinggi Berskala Internasional

Prestasi internasional yang diperoleh FH Unair antara lain akreditasi Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA) pada program studi S1 dan S2 Magister Ilmu Hukum. Pengembangan SDM menjadi salah satu kunci keberhasilan FH Unair.

Mochamad Januar Rizki
Bacaan 4 Menit
Dekan FH Unair, Iman Prihandono. Foto: RES
Dekan FH Unair, Iman Prihandono. Foto: RES

Sebagai salah satu fakultas hukum (FH) perguruan tinggi negeri, Universitas Airlangga (Unair) telah mencapai prestasi di tingkat nasional dan internasional. Terdapat berbagai strategi yang dilakukan dekanat serta universitas agar fakultas yang sudah 72 tahun berdiri ini meningkatkan kualitasnya hingga menjadi pendidikan tinggi hukum berskala internasional.

Dekan FH Unair, Iman Prihandono mengatakan, dalam menjaga mutu kualitas pendidikan baik dari kurikulum dan sumber daya manusia (SDM) serta berjejaring tingkat global menjadi kunci prestasi FH Unair di tingkat internasional. Setidaknya, terdapat  kontrol kualitas atau (quality control) dan manajemen kualitas (quality management) yang dilakukan terhadap FH Unair secara rutin.

Terdapat standar-standar yang harus dipenuhi untuk memenuhi kontrol tersebut.  Selain itu, FH Unair juga melakukan audit internal baik tingkat fakultas hingga program studi pada aspek pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan lainnya. “Selain itu, secara rutin kami melakukan pengembangan kurikulum setiap lima tahun, namun setiap tahunnya diadakan program khusus untuk menjaring informasi dari stakeholder seperti dunia industri dan alumni,” jelas Iman kepada Hukumonline di Gedung FH Unair, Surabaya, Jawa Timur, Senin (2/10).

Iman menuturkan, prestasi internasional yang diperoleh FH Unair antara lain akreditasi Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA) pada program studi S1 dan S2 Magister Ilmu Hukum. Saat ini, FH Unair sedang memproses akreditasi internasional tersebut pada program kenotariatan. Selain akreditasi internasional, FH Unair juga bergabung dengan asosiasi ASEAN University Network dan Law School Internasional.

Baca juga:

Hukumonline.com

Aspek lain, pengembangan SDM menjadi salah satu kunci keberhasilan FH Unair. Iman menyampaikan peningkatan reputasi dosen melalui kerja sama, riset gabungan (join research), mendatangkan dosen dari luar negeri yang juga memberikan pemahaman baru mengenai manajemen pendidikan tinggi ilmu hukum.

Selain itu, FH Unair juga mengembangkan reputasi pegawai (employee reputation) yang telah dibuktikan melalui para lulusannya menempati posisi-posisi strategis seperti Jaksa Agung hingga Ketua Mahkamah Agung. Para alumni FH Unair juga berkarir pada bidang hukum di luar negeri.

Tags:

Berita Terkait