Starter Pack Wajib Mahasiswa Fakultas Hukum di Indonesia: University Solutions
Terbaru

Starter Pack Wajib Mahasiswa Fakultas Hukum di Indonesia: University Solutions

Tim Hukumonline
Bacaan 2 Menit
sumber: Canva
sumber: Canva

Apakah kamu baru saja memulai studi di fakultas hukum tahun ini? Atau mungkin sudah beberapa semester dan sedang mempersiapkan diri untuk menyelesaikan skripsi? Jika iya, maka kamu harus membaca artikel ini yang akan memberikan panduan starter pack wajib agar kamu dapat lulus dan siap terjun ke dunia masyarakat.

Langkah Pertama: Akses ke Peraturan Perundang-undangan di Indonesia

Akses yang mudah ke sumber hukum merupakan langkah awal yang sangat penting bagi setiap mahasiswa hukum. Tanpa memiliki akses ini, bagaimana kamu bisa melakukan riset yang berkualitas? Ada beberapa cara untuk mendapatkan akses ke peraturan perundang-undangan, misalnya dengan mengunjungi toko buku yang menyediakan koleksi peraturan dalam bentuk buku. Namun, jika kamu memiliki keterbatasan anggaran, alternatif lainnya adalah menggunakan fasilitas Perpustakaan Perguruan Tinggi. Di sana, pasti terdapat koleksi buku yang mengkompilasi peraturan-peraturan tersebut. Hanya saja, kekurangannya adalah kamu harus mencari satu per satu dan membaca daftar isi untuk mengetahui isi dari buku tersebut.

Namun, ada cara yang lebih praktis, terutama bagi mahasiswa yang merupakan mitra University Solutions. Kamu dapat melakukan pencarian peraturan dengan mudah melalui Pusat Data Hukumonline Pro. Dengan sekali klik, kamu dapat mencari peraturan yang kamu butuhkan. Selain itu, kamu akan mendapatkan informasi mengenai status hukum, sejarah, peraturan terkait, dan peraturan pelaksana yang akan memudahkan langkah selanjutnya dalam melakukan riset hukum. Koleksi peraturan dan putusan pengadilan yang diperbarui secara berkala, sistematis, dan terintegrasi akan mempermudah riset hukum bagi seluruh civitas akademika.

Hukumonline.com

contoh tampilan Pusat Data Hukumonline Pro

Langkah Kedua: Memperbarui Kasus Terkini

Penting bagi kamu untuk selalu memperbarui diri dengan kasus-kasus hukum terkini yang sedang terjadi di Indonesia. Tidak jarang dosen akan memberikan tugas yang mengharuskan kamu menganalisis kasus-kasus ini agar kamu dapat memahami praktik di lapangan dengan lebih baik. Memperbarui kasus-kasus terkini juga akan menambah referensi kamu saat mengikuti perkuliahan yang materinya terkait dengan kasus-kasus tersebut. Kamu dapat memperbarui pengetahuan ini dengan membaca artikel berita atau sumber lainnya, salah satunya melalui Premium Stories. Premium Stories adalah artikel yang mengulas isu hukum terbaru, doktrin hukum, dan putusan pengadilan secara komprehensif untuk menjadi referensi praktis kamu.

Langkah Ketiga: Publikasikan Prestasi

Tak dapat dipungkiri, membangun branding sejak masa kuliah adalah hal yang penting. Kamu dapat melakukannya dengan memanfaatkan media sosial di Perguruan Tinggi atau melalui profil LinkedIn kamu. Ceritakan prestasi yang telah kamu raih selama berada di Perguruan Tinggi. Jika Perguruan Tinggimu adalah mitra University Solutions, manfaatkanlah kerjasama tersebut dengan membagikan pencapaian kamu sebagai mahasiswa Perguruan Tinggi, baik itu kemenangan dalam kompetisi tingkat nasional maupun internasional. Publikasikan tulisan, kegiatan, pencapaian, dan segala informasi mengenai Perguruan Tinggimu di komunitas hukum terbesar di Indonesia.

Hukumonline.com

contoh publikasi pencapaian Perguruan Tinggi

University Solutions adalah platform pengetahuan hukum terintegrasi bagi jaringan akademisi hukum terdepan di Indonesia. Yuk, cari tahu lebih lanjut mengenai cara bergabung menjadi mitra University Solutions dengan mengirim email ke [email protected] sekarang juga!

Tags: