SSO Permudah Pelayanan Perizinan dan Informasi
Aktual

SSO Permudah Pelayanan Perizinan dan Informasi

CR-11
Bacaan 2 Menit
SSO Permudah Pelayanan Perizinan dan Informasi
Hukumonline

Single Sign On (SSO) diresmikan oleh Menteri Keuangan Agus Martowardojo di kantor Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Kamis (29/12). Dengan adanya SSO ini, maka importir, eksportir dan pengguna jasa pelayanan National Single Window (NSW) akan lebih mudah memanfaatkan semua pelayanan perizinan dan informasi secara elektronik (in-house system) yang disediakan oleh 18 unit penerbit perizinan dalam kegiatan impor dan ekspor dari 15 kementerian atau lembaga yang terintegrasi dengan NSW.

 

“Dengan hanya satu kali melakukan log-in, pengguna akan mendapatkan multiple-access dari beberapa sistem layanan di beberapa kementerian atau lembaga,” ungkap Agus Martowardojo.

 

Sejalan dengan diresmikannya SSO, beberapa fitur pendukung yang juga diluncurkan adalah Indonesia Trade Repository (INTR), Penerapan Buku Tarif Kepabeanan Indonesia (BTKI) 2012 serta Perluasan Layanan Indonesia National Single Windows(INSW).

 

Fitur INTR yang disediakan di portal INSW ditujukan untuk memberikan kemudahan bagi pengguna jasa NSW mengetahui ketentuan dalam melakukan ekspor-impor di Indonesia, seperti perizinan, persyaratan, dan tarif secara rinci sehingga fasilitas inimemberikan kepastian dalam melakukan kegiatan perdagangan luar negeri.

Tags: